Beauty is not Pain : Memaknai Cantik Luar Dalam [EVENT]

Juni 05, 2018



Kaum wanita berlomba-lomba mempercantik diri. Semakin bertambah usia semakin banyak saja perlengkapan yang dibutuhkan, semakin banyak ingin ini ingin itu. Mulai dari perawatan wajah, perawatan tubuh, perawatan rambut sampai perangkat make up lengkap. Semakin terlihat banyak kekurangan pada tubuh, semakin ingin diperbaiki atau hanya semakin ditutupi. Semuanya tertuju pada satu poin yang sama, cantik.

Apa sih arti cantik itu?
Kalau kita lihat secara harfiah, KBBI menyebutkan "cantik" berarti :
elok; molek (tentang wajah, muka perempuan); 2 indah dalam bentuk dan buatannya: meja ini -- sekali;-- molek 1 sangat rupawan (tentang orang perempuan); 2 cantik (bagus) sekali (antara bentuk, rupa, dan lainnya tampak serasi);

Dari definisi tersebut, tersurat bahwa cantik menurut bahasa lebih menekankan pada rupa fisik seseorang. Bagiamana fisik tersebut terlihat indah, bagus, serasi, enak dipandang. Namun, kalau kita berpikir ulang sebenaranya apa sih makna cantik yang sebenarnya. Aku yakin tiap orang punya makna dan interpreatasi tersendiri tentang kata sifat yang satu ini.

Cantik menurutku adalah keseimbangan. Keseimbangan antara apa yang terlihat di luar dan yang paling penting adalah apa yang terpancar dari dalam. Keseimbangan itu perlu dijaga dan perlu diperbaiki. Jadi apakah bermake-up, pakai skincare itu salah? Menurutku sih tidak, asal tahu tempat dan waktu kapan kita harus bermake up, dan tidak berlebihan dalam melakukan perawatan. Toh bermake-up dan melakukan perawatan berarti bukti kita mencintai diri sendiri, kan?

Naaah, selain perawatan dari luar ada hal lain yang lebih penting yaitu kecantikan dari dalam. Banyak wanita yang lebih mementingkan apa yang terlihat di luar sementara lupa dengan hati-nya yang perlu selalu dipercantik. Banyak cara yang bica kita lakukan untuk mempercantik diri dari dalam :

1. Memaafkan 
Dalam hidup kita akan banyak menemukan ketidaknyamanan, kegagalan, kekecewaan dan itu semua harus kita nikmati. Salah satu cara menikmati ketidaknyamanan itu adalah dengan memaafkan. Bukan hanya memaafkan orang lain, pun memaafkan diri sendiri atas kesalahan yang pernah kita lakukan di masa yang telah lampau.

 "...aku memaafkanmu, dan aku memaafkan diriku sendiri. Aku tidak takut dunia"- Melody Hijrah Febby
 
2. Bersyukur atas diri dan apa yang kita miliki
Setiap orang punya misi masing-masing dalam menggunakan sosial media. Kadang walaupun bukan berniat menyombongkan diri, kita sebagai yang melihat terbesit rasa iri, rasa ingin memiliki apa yang orang lain miliki. Hal ini juga membuat kita menjadi kurang bersyukur atas apa yang kita miliki. You are beautiful just the way you are :)

3. Berpikir positif
Dalam buku berjudul "Secret", Rhonda Byrne menyebutkan kekuatan hukum tarik menarik, apa yang kita pikirkan itulah yang akan terjadi.  Ia memaparkan betapa berpikir positif akan mendatangkan hal-hal positif pada hidup kita. Jadi, buang jauh-jauh insecurity dan negatif thingking yaa.

4. Menjadi Perempuan yang Berdaya
Setiap mahkluk di dunia punya peran, bakan hewan sekecil semut sampai organisme mikroskopis sekelas bakteri sekalipun. Apalagi kita sebagai manusia, dan diamanahkan menjadi perempuan. Perempuan harus berdaya. Dalam mempersiapkan menjadi pribadi yang baik, contoh yang baik untuk anak-anak kita kelak, perempuan harus punya aksi dan terus belajar. Bahkan ketika telah menjadi ibu sekalipun, kita harus terus belajar dan bermanfaat. Belajar bisa dilakukan dimana saja, bisa membaca buku, kelas online di internet, nonton tutorial youtube atau ikut acara-acara yang bisa nambah ilmu plus nambah jejaring.

Seperti acara yang aku ikuti hari Sabtu, 3 Juli 2018. Acara dari Komunitas Hijaber United Bandung ini mengusung tema "Beauty is not Pain", untuk cantik tidak perlu menyakitkan. Kami dibekali banyak materi untuk memperbaiki diri secara fisik dan secara batin. Ini baru keseimbangan :)

Ada teteh-teteh dari Marcks Venus yang memberi pencerahan bagaimana cara membersihkan wajah yang benar agar awet muda dan gak gampang keriput. Kemudian, ada teteh dari Shasmira yang ngasih tutorial hijab syar'i tapi tetap modis. Ada dokter dari My Dental Clinic Bandung ya kasih edukasi tentang menjaga kesehatan gigi dan mulut di bulan ramadhaan. Ternyata jeda antara makan dan menyikat gigi itu kurang lebih 30-45 baik sebelum maupun sesudah lho, tidak baik kalau langsung. Terakhir, ada Teh Febby dari Melody Hijrah yang ngasih kita simulasi untuk memaafkan diri sendiri supaya cantiknya bisa lebih terpancar dari dalam. Nah, lengkap sudah kan?

Ini teteh dari Marcks Venus, cucok banget ngasih tau cara bersihin wajah. Bikin makin sadar kalau kulit wajah itu sensitif jadi kudu hati-hati banget ngerawatnya.

Kalau ini teteh dari Shasmira yang lagi ngasih tutorial hijab syar'i.

Dokter gigi yang lagi kasih kita tips supaya mulut gak bu naga pas lagi puasa hehe

Nah, ini teh Febby yang super sekali membahas tentang cantik dalam.

Ini kami para peserta yang happy dapet 2 goody bag :)


Untuk informasi lebih lanjut tentang komunitas kami dan pendukung acara ini, kalian bisa check di masing-masing situs berikut :

1. Komunitas Hijaber United Bandung
Instagram : @hijaberunitedbdg

2. Marcks Venus
Instagram : @venuscosmeticind

3. My Dental Clinic Bandung
Instagram : @my_dentalclinic 
Alamat : Seruni Business Center, Jl. Merdeka No.49, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117

4. Melody Hijrah Febby
Instagram : @melodyhijrahfebby

5. Magnolia Family Massage and Reflexology > Dapet kupon spa dan massage :)
Alamat : Seruni Business Center, Jl. Merdeka No.49, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117

6. Shasmira


Jadi, bagaimana cantik versi kamu?


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images