Sudah siap berlebaran? Inilah 5 Tips Memilih Outfit Lebaran yang Cocok untuk Kamu !

Juni 12, 2018

Gambar dari pinterest

Tak terasa kita sudah ada di penghujung bulan Ramadhan. Sedih rasanya. Atmosfer ramadhan yang kental banget sulit didapat di bulan lain. Kayaknya setiap jam itu selalu ramai, malam sekalipun. Banyak orang lalu lalang, banyak aktifitas positif, banyak orang berbuat kebaikan. Itu semua yang mungkin membuat hawa ramadhan itu seger, dan menenangkan. Semoga kita bisa memanfaatkan sisa ramadhan yang ada dengan sebaik-baiknya dan meraih kemenangan yang hakiki di Idul Fitri nanti. aamiin.

Nah, ngomongin soal Idul Fitri atau lebih akrab disebut Lebaran, semua orang berburu diskon dimana-mana. Jalan jadi macet, mall lebih penuh sama orang dibanding barangnya hihi Gak bisa disalahkan juga sih karena banyak yang memang puya rezeki lebihnya bulan ini, secara dapet THR. Sayang rasanya kalau THR tidak dimanfaatkan sebaik mungkin, salah satunya dengan beli baju lebaran. Bagi sebagian orang mungkin baju lebaran menjadi biasa karena toh tiap bulannya bisa beli baju. Namun, bagi sebagian lain baju lebaran jadi sangat penting dan spesial, karena mungkin pada momen itulah mereka bisa punya rezeki lebih untuk beli baju. Makanya, jumlah manusia yang berkeliaran di tempat perbelanjaan jauh lebih banyak dari biasanya.

Hal yang paling penting dari baju lebaran ini adalah, baju seperti apa sih yang sebenarnya cocok dipakai saat hari raya? Aku punya tips ala-ala aku dalam memilih outfit lebaran.

1. Pilih Baju yang Nyaman
 Gambar dari pinterest

Buatku nyaman adalah nomor 1. Selain melihat modelnya seperti apa, faktor kenyamanan menjadi penting. Kenyamanan ini bisa bicara soal bahan juga model cuttingan yang gak terlalu berlebihan. Saat hari raya, mobilitas kita cukup banyak mulai dari salat ied, berkumpul bersama keluarga, hingga mengunjungi kerabat. Tentu kita butuh outfit yang nyaman dipakai seharian, toh? Jadi aspek ini penting untuk diperhatikan. Gamau dong keringat kita membekas di baju dan membentuk pulau? :" Selain gak nyaman untuk kita sendiri, tentu gak nyaman dipandang orang.

2. Bahan yang Menyerap Keringat
 Gambar dari pinterest

Nah, ngomongin soal keringat, doi bisa muncul karena bahan baju tidak terlalu menyerap keringat, juga warnanya yang kurang pas. Beberapa bahan seperti kaus, atau katun sangat efektif dalam menyerap keringat. Tenang, kalau teman-teman ingin pakai bahan seperti shifon pada kaftan, brukat, atau bahan satin, mungkini bahan kaus atau katun ini bisa dijadikan dalamannya. Pilihlah dalaman kaos yang sejuk dan tidak terlalu tebal.

3. Pilih Warna yang Tidak Menyerap Panas
Gambar dari pinterest

Untuk berpindah dari rumah satu ke rumah lain, kita pasti banyak terpapar sinar matahari. Nah, coba pilih warna baju yang tidak gelap. Hindari penggunaan warna yang menyerap panas seperti hitam atau merah. Warna-warna kalem seperti nude, salem, baby-blue mungkin akan manis dipakai saat hari raya.

4.Tren Tidak Selalu Cocok untuk Kita
 Gambar dari girlshijab.com

Tren akan terus berganti setiap tahunnya. Tahun kemarin Kaftan Syahrini, tahun berikutnya gaya Turki, tahun ini Wakanda hehe Mungkin kita merasa tidak ingin kehilangan momen, tapi percayalah outfit yang booming itu sulit untuk bertahan lama. Daripada mengikuti tren, pilih outfit yang bisa kita pakai terus menerus. Apalagi kalau temen-temen memang punya rezeki beli bajunya di momen ini. Kalau beli baju yang longlast, tentu bisa dipakai dalam waktu yang lama, tentu lebih hemat kan? :)

5. Quality over Quantity
 Gambar dari pinterest

Kalau teman-teman dikasih THR 500 rb? Apa yang akan dipilih, beli 3 setel baju dengan harga masing-masingnya dibawah 100rb, atau beli hanya 1 setel saja (atasan+bawahan) dengan harga sekitar 200rb-an/pcs?
Kalau aku pilih yang kedua. Kenapa? Back again, quality over quantity. Yang bagus memang tidak selalu mahal, tapi yang mahal jarang banget mengecewakan, yakin deh apalagi soal ketahanan. Kalau teman-teman pilih yang nomor 1, mungkin dalam waktu 1-2 tahun kualitas warnanya sudah berubah, jadi harus beli penggantinya. Tapi, kalau pilih yang nomor 2 tingkat ketahanannya akan lebih lama, mungkin 3-4 tahun. Walaupun teman-teman pingin beli baju lagi tahun depan, sifatnya bukan menggantikan, tapi menambah yang udah ada. Jadi lebih banyak pilihan outfit untuk dipakai, bukan?
Apalagi kalau momen lebaran gini, banyak banget brand-brand ternama yang kasih diskon up to 50%, kenapa gak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya hehe

Nah aku punya satu tip tambahan :
Beli baju bekas
Eiits, jangan protes dulu, "kok lebaran belinya baju bekas?". Jangan salah loh, banyak outfit-outfit bekas yang masih kece dipadu padankan dengan outft yang kita punya di rumah, apalagi sekelas celana dan blazer yang masih oke punya (karena rata-rata barang Branded, jadi bekas pun masih bagus). Kalau di Bandung, teman-teman pasti udah gak asing lagi sama CIMOL di Gede Bage. Kalian bisa dapat barang-barang bagus dengan harga miring disana, asal pinter-pinter milihnya ya :)

Yak, jadi udah pada siap dengan outfit lebarannya kah?
.
.
With love, Rahmi.


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images