Morning Skincare Routine untuk Kulit Kering Sensitif

November 18, 2018


Bicara tentang skincare memang gak ada habisnya. Setelah bikin polling mini di instastory ternyata lebih banyak wanita yang gemes sama skincare terbaru daripada makeup lho. Alasannya, tentu karena menurut mereka merawat kulit asli lebih penting daripada melapisi dengan kulit baru alias makeup. Berlomba lombalah para wanita mendapatkan kulit yang cerah, mulus dan sehat. 

Setiap orang juga pasti punya perjalanannya masing-masing untuk memperbaiki kondisi kulit wajahnyanya. Terutama untuk teman-teman yang punya masalah kulit cukup kompleks seperti jerawat, bruntusan, berminyak, juga sensitif. Kondisi kulitku sendiri termasuk kombinasi, tapi lebih banyak kering, berminyak hanya di area T, juga cukup sensitif terutama sama bahan-bahan yang punya pH asam tinggi.

Untuk itu dalam memilih skincare, aku sangat hati-hati sama komposisinya. Aku paling suka produk yang bikin wajahku lembab, wanginya sedikit kalaupun ada wangi yang menenangkan. Produk dengan komposisi utama air atau glycerine itu favoritku, juga aku menghindari kandungan alkohol.

Lokal atau impor?
Kalau ngobrolin masalah lokal atau impor sejujurnya aku lebih prefer produk lokal. Selain tentunya harganya terjangkau buat kantong mahasiswa sekaligus freelancer macem aku ini, jejak karbon yang dihasilkan pun lebih rendah. Kebayang kalau pakai produk impor, berapa energi yang harus dipakai buat ngirimnya dari negeri seberang sana ke Indonesia. Lalu menurutku pilihan produk yang kita beli bagusnya disesuaiakan sama budget, jangan sampai biaya skincare lebih mahal dari biaya makan ckckc  Terus kalau aku pribadi entah kenapa belum tertarik ngeluarin budget terlalu besar buat skincare, ya sebutuhnya aja yang penting cocok. Itu pendapatku pribadi loh yaa :) Tiap orang beda-beda, ada yang mungkin mau keluar budget besar buat perawatan itu sah-sah aja. Aku juga percaya akan lebih baik kalau kita pakai produk di wajah atau di tubuh semakin sedikit, karena bagaimanapun semua produk itu zat kimia yang cepat atau lambat akan memberi dampak pada kulit.

Naahh, sekarang aku akan cerita produk apa aja yang aku pakai di pagi hari alias morning skincare routine khusus untuk kulit kering sensitif ,

Raiku Cleansing Cream

Ini salah satu produk lokal baru yang lagi aku pakai. Susu pembersih ini punya tekstur yang lebih kental dari produk lain yang biasanya lebih berair. Setelah dipakai, prduk ini bikin wajah jadi adem. Cukup efektif untuk menghapus makeup waterproof juga, walaupun butuh berkali kali diusap. Produk ini mengandung chamomile extract dan vitamin e yang akan membuat wajah lembab dan cerah. Selain itu dari segi bau, raiku cukup lembut malah cenderung gak berbau. Ini bikin sensasi bersih dan sehat di kulit.
Harga : Rp.48.000 (60g)

Wardah Lightening Gentle Wash

Kalau boleh dibilang ini produk telah merubah hidupku, aseeek. Waktu jaman puber, pertama kali cuci muka, aku pakai produk Mustika Puteri (anaknya Mustika Ratu). Produknya itu berscrub dan sehabis cuci muka wajahku selalu merah-merah. Tapi pada masa itu aku terus melanjutkan pemakaian. Lalu berpindah ke Ponds yang pink, yang biru, kerasa banget muka kenceng abis cuci muka. Waktu itu aku juga belum terlalu peduli untuk bener-bener nyari sabun cuci muka apa yang cocok buatku. Baru pas tahun ketiga kuliah, sekitar tahun 2015 aku nemu produk ini. Saat itu wardah lagi hits banget.

Sebelum beli produknya aku baca review banyak banget beauty blogger dan bilang produk ini bagus, bikin wajah lembab. Nah, akhirnya aku memutuskan buat beli dan pakai. Disitulah aku baru paham kalau muka aku ini tipe yang kering. Jadi bukan salah produk-produk yang aku pakai sih, memang gak cocok aja dengan kondisi kulitku yang gak bisa kena sabun. Setelah coba, aku beneran suka, kayak baru cuci muka pertama kali seumur hidup ckck sekatrok itu. 

Produk ini mengandung Lichorice, Vitamin B3, dan Double Lightening Active yang juga bisa mencerahkan wajah, plus itu tadi ga ada busanya. Produk ini juga mengandung pH balance jadi aman banget buat semua jenis kulit. Sejak saat itu aku mulai rajin cuci muka 2 kali sehari dan memang kondisi wajahku berubah signifikan dari segi kecerahan dan kelembabannya. No kucel kucel lagi :)
Harga : Rp.15.000 (60g)

Wardah Lightening Day Cream 

Produk ini juga semakin merubah hidupku, lagi-lagi Wardah. Lightening Day Cream ini menurutku canggih dan mengerti aku banget. Canggih karena sudah ada SPF 30 PA+++ jadi aku gak perlu pakai sunblock lagi, lebih simpel. Kadar SPF ini menurutku cukup tinggi untuk sebuah krim yang begitu ringan dipakai. Dua bulan setelah pemakaian di tahun 2015, wajahku semakin cerah karena mengandung Moistbright Active. Mungkin juga karena dia bekerja sama dengan Wardah Gentle Wash-nya di kulitku, jadi selaras dan kerjanya lebih optimal. Produk ini mencerahkan wajah pelan-pelan tapi permanen jadi sejak saat itu terus lanjutin  dan udah gak ada alasan buat ganti sih hihi
Harga : Rp.40.000 (30g)

Ya begitulah, skicare itu seperti jodoh, cocok cocokan hihi
Maaf teman-teman aku skip toner karena pertama suka males pakenya, kedua sedang dalam pencarian toner yang cocok. Kalau udah dapet aku update di postingan berbeda, atau teman –teman punya rekomendasi toner buat kulit kering sensitif ? Let me know yaa :)

Tulisan ini adalah kolaborasiku bersama teman teman Bandung Hijab Blogger . Boleh intip tulisannya Teh Dea , tentang produk skincare yang dia pakai supaya lebih banyak pilihan.
Have a nice day !


You Might Also Like

10 komentar

  1. Setuju teh sekarang produk lokal makin berkembang dan dia lebih sesuai sama kondisi kulit kita. Tapi kembali memang amat betul skincare itu kaya jodoh cari yang cocok di muka dan kantong suka tricky wkwk

    BalasHapus
  2. Aku juga dulu jaman kuliah skincare nya itu da wardah hihi murah terus aman di kulittt

    BalasHapus
  3. Bangga yaa skrg banyak bgt produk lokal yang baguuss jd lebih terjangkau juga kan

    BalasHapus
  4. Too bad di aku wardah yang seri lightningnya slalu gagal. Bikin bruntusan.. padahal aku suka tekstur dan wanginya

    BalasHapus
  5. Yeayy samaan pake face wash wardan dan day creamnya

    BalasHapus
  6. Cinta produk local ya aku penasaran sama Raiku

    BalasHapus
  7. Wardah emang produk lokal best ya, udah murmer lagi harganya, mancep.

    BalasHapus
  8. wihhh.. raiku memang thebest
    kepo sama wardah, tpi ku ga cocok huff

    BalasHapus
  9. Wardah tuh enakeun banget scent nya, tp entah mengapa di wajahku sangat tak bersahabat huhu

    BalasHapus

Ikuti Blog Ini

Pengunjung

Social Media