Wisuda XIII STT Bandung 2018 : Awal Sebuah Perjalanan

Desember 09, 2018

Sesesuatu yang telah dimulai harus diselesaikan, begitu pula terkait studi. Kemarin  (8/12/2018) aku berkesempatan datang ke acara Wisuda ke XIII STT Bandung di Harris Hotel Convention Centre, Festival Citylink. Acara dimulai pukul 09.00 WIB. Para wisudawan wisudawati yang anggun dan gagah memasuki ruangan dengan penuh percaya diri. Lantunan lagu Indoensia Raya, Mengheningkan Cipta dan lagu mars STTB mengawali acara hari itu. Disusul dengan penampiat tarian sunda dari mahasiswa STTB.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua STTB, Bapak. Muchammad Naseer, S.Kom, M.T.  Beliau menyampaikan keadaan terkini terkait kampus STT Bandung. Ada sekitar 183 orang wisudawan sarjana, dengan 106 sarjana Teknik Industri dan 77 orang sarjana Teknik Informatika. Sampai saat ini STT Bandung telah meluluskan 1355 orang sarjana. Pada tahun 2018 ini mahasiswa STT Bandung  berjumlah 1250 orang, 75% mahasiswanya dari Jawa Barat dan 25 % berasal dari Pulau Jawa lainnya, Sumatera, Bali, Sulawesi, Kalimantan, Papua, dan luar negeri seperti Malaysia dan Timor Leste. Untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2018, jumlah peminat terbanyak pada jurusan Teknik Informatika disusul dengan Desain Komunikasi Visual di urutan kedua.

Bapak Muchammad Naseer menyampaikan sambutannya
Selain itu Pak Naseer menyampaikan prestasi-prestasi yang telah diraih oleh para mahasiswanya. Ada mahasiswa yang dapat membuat dan menghitung ulang tata letak sebuah pabrik hingga bisa  membuat pabrik lebih hemat 25 juta rupiah/bulan. Ada lagi salah satu wisudawan yang mampu merancang aplikasi berbasis android untuk diterapkan di greenhouse strawberry. Aplikasi bisa dijalankan dari kejauhan untuk mengatur kelembaban. 

STT Bandung menjamin mahasiswanya untuk mendapat pekerjaan segera setelah lulus. Ini ditandai dengan adanya career centre yang selalu dapat didatangi. Mahasiswa dapat menyapaikan ketertarikannya pada suatu perusahaan untuk kemudian dapat diberi peluang bekerja. Selain itu, STT Bandung juga bekerja sama dengan banyak pihak swasta dan BUMN. Ini meningkatkan kemungkinan mahasiswanya untuk dapat disalurkan bekerja di instansi tersebut. Buktinya, mahasiswa STT Bandung hanya membutuhkan waktu tunggu rata-rata 45 hari untuk mendapat pekerjaan setelah lulus. Setelah itu ada sambutan dari Bapak Dadang Hermawan selaku Ketua Yayasan LPPIB. Beliau menyatakan dukungannya selalu untuk kemajuan STT Bandung menjadi lebih baik. Pada tahun 2022 STT Bandung juga akan mengesahkan diri sebagai sebuah universitas.Waww !

Sampailah pada acara puncak sebuah wisuda yaitu pelantikan wisudawan dan wisudawati. Mahawiswa satu persatu naik ke atas panggung. Ketua STT Bandung dipidahkan dari kiri ke kanan, sebagai perlambang selesainya tugas belajar mereka di kampus. Namun tidak di kehidupan nyata, para alumni ini harus tetap belajar di dunia yang luas dan mengaplikasikan ilmu yang telah dia dapat untuk kemanjuan diri serta bangsa. Selain itu mereka juga mendapatkan piagam, ijazah serta bonea kenang-kenangan wisuda dari kampus, Unyuuu :”

Pelantikan Mahasiswa
Sebagai wujud apresiasi pada mahasiswanya, kampus memberikan penghargaan pada Wisudawan terbaik dari jurusan Teknik Informatika dan Teknik Industri. Penilaian yang dilakukan berdasarkan keaktifan kegiatan perkuliahan, kegiatan non perkuliahan serta nilai tugas akhir.  Srikanti Astuti S.T merupakan mahasiswa terbaik dari jurusan T. Industri dan Iin Indriwati S.Kom merupakan mahasiswa terbaik dari T. Informatika. Selain wisudawan terbaik, kampus juga memberi penghargaan pada 4 judul skripsi terbaik dari masing-masing jurusan. Ini sebagai wujud dukungan kampus STT Bandung pada mahasiswa agar dapat berprestasi lebih hebat lagi di tahap selanjutnya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, STT Bandung menjain kerjasama dengan benyak pihak untuk selalu bekermbang. Pada kesempatan kali ini pun terjadi penandatanganan MoU dengan beberapa pihak seperti Universitas Nasional PASIM, Bank Sampah Bersinar, PT Pos Indonesia, PT.SLU, CMYK, Hungghi Taiwan. Dengan Bank Sampah Bersinar, kampus bekerja sama dalam hal pengelolaan sampah kampus juga mahasiswa diharapkan dapat membayar kuliah dengan tabungan sampah. Sebuah inovasi yang sangat menarik.

Penandatanganan MoU dengan berbagai pihak
Acara dilanjutkan dengan orasi ilmiah dari Dr. Cyrille Scwob, APAC , Head of Research & Technology Development at Airbus, yang berkantor di Singapura. Beliau menjelaskan tentang proyek yang sedang ia kerjakan dan memberi motivasi kepada mahasiswa yang telah lulus agar dapat menerapkan ilmunya dan berkarya.

Dr. Cyrille Scwob, APAC , Head of Research & Technology Development at Airbus

Tina Sri Hanadayani S.T salah satu mahasiswa berprestasi STT Bandung
Pada kesempatan wisuda tersebut ada perwakilan mahasiswa yang memberikan kesan pesan perkuliahan di STT Bandung. Tina Sri Hanadayani S.T merupakan salah satu mahasiswa disabilitas yang begitu berprestasi. Ini membuktikan bahwa disabilitas tidak membatasi kemampuan seseorang, dan kampus ini juga membuktikan keramahannya pada disabilitas. Tina adalah, Mahasiswa Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Bandung yang berhasil maraih Medali Emas pada cabang olahraga Cabor Lari 200 m, Medali Perak Cabor Lompat Jauh, dan Mendali Perunggu Cabor Lari 100 m pada Event Pekan Paralimpik Daerah (PEPARDA) V 2018 yang diselenggarakan di Stadion Stadion Pekan Sari Cibinong.

Acara telah menyentuh akhirnya. Ketua BEM menyampaikan janji mahasiswa diikuti dengan seluruh alumni. Dilanjutkan dengan suatu momen haru dimana para mahasiswa berbalik menghadap orang tuanya, sambil diingatkan bahawa segala sesuatu yang mereka dapatkan adalah berkat dukungan dan perjuangan orang tua. Diatmbah lagi doa bersama yang syahdu, mengingat segala kesalahan yang telah dilakukan dan menyampaikan pengaharapan untuk kebaikan di masa depan. Setelah itu acara ditutup dengan penapilan dari paduan suara mahasiswa dan kelompok angklung STT Bandung, kemudian makan siang.

Semoga para alumin bisa mengambil perannya di lingkungan, masyarakat dan bermanfaat bagi banyak orang. Selamat Wisuda :)

You Might Also Like

39 komentar

  1. Layanan Web Hosting Murah Super Cepat Berkualitas dan Fitur Terlengkap

    Harganya murah mulai dari Rp. 180.000,- saja Anda sudah bisa mendapatkan paket hostingnya selama satu tahun dengan spesifikasi sebagai berikut:

    512 MB of SSD Storage
    Unlimited Bandwidth
    1 GB Memory
    2 Mbps I/O

    Bagi yang menginginkannya silahkan kunjungi Asro Teknologi - Web Hosting Terbaik 2018 (www.asroteknologi.com)

    CEK KECEPATAN
    AsroMall.com - www.asromall.com
    Cibiuk Express - www.cibiukexpress.web.id
    Wangunjaya Online - www.wangunjaya.web.id

    BalasHapus
  2. Berhasil menyelesaikan gelar S1 dan diwisuda aja sudah bahagia luar biasa. Apalagi kalau memperoleh predikat wisudawan terbaik, ya. Betapa bangga kedua orangtuanya. Semoga perjuangan nggak berhenti sampai di sini. Terus mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari bangku perguruan tinggi demi kemajuan bangsa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa teh betul bangeet :) aamiiin..semoga makin banyak wisudawan berkualitas yang siap berkarya

      Hapus
  3. Dan aku brebes mili saat sesi penghormatan untuk orang tua. Hiks... Terharuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. brebes mili aritnya apa mba? mhehe
      iya terharuuu

      Hapus
  4. Life is always good when you are a student. Aih jd inget wktu aku wisuda magister beberapa tahun yg lalu, menyentuh hati bgt krna akhirnyaaa tesisku selesaaai jugaaa huhuhuu hehe. Selamat untuk semua wisudawan/wati STTBandung yaa, smg ilmunya dapat memberi banyak manfaat kepada masyarakat banyak aamiin!

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantuul teeh, 2019 inys allah ku wisuda magister juga aamiin :) sedng berjuang dengan tesis :"
      aamiin

      Hapus
  5. sudah wisudah....tinggal saya harus juga cepet nyusul buat wisudah :)

    BalasHapus
  6. Keren itu, perwakilan mahasiswa yang bicara di depan. Pasti orangtuanya sangat bangga..

    BalasHapus
  7. Mantab yah jadi kangen ingin lanjutin sekolah tapi ingin langsung wisuda aja gimana atuh heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mhehe mangga teh request mau ke univ mana mhihihi

      Hapus
  8. Btw happy graduation yaa, mudah2an ilmunya dapat bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin :) bukan kampusku itu tapi teh hha
      aku meliput aja

      Hapus
  9. waaahhh.. selamat teteh
    semoga sukses terus yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. mhehe aamiin
      ini mah aku ngeliput aja teh haha

      Hapus
  10. Wisuda jadi salah satu momen berharga dan penting dalam hidup ya

    BalasHapus
  11. MoU yang dengan bank sampah, keren banget. Mahasiswa bisa menabung sampah untuk bayar kuliah. Semoga makin banyak perguruan tinggi yang ngadain.

    BalasHapus
  12. Ihiks, kujadi ikut haru. Keingetan sama masa wisuda 15 tahun yang lalu. Penuh haru dan bahagia. :D

    BalasHapus
  13. Jadi makin keren ya kampusnyaa..asa waas jadi inget jaman kuliah hahaha

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah, saya juga udh diwisuda september kmrn.... Selamat menikmati dunia yang baru teh yg tentunya gak kalah seruuuu!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan aku yang wisuda sayy mhihi
      akumah tahun 2019 insya Allah:)

      Hapus
  15. Setiap liat yang wisuda lagi pengen rasanya sekolah lagi tapi skip ujian sama skripsi wkwk. Selamat untuk wisudawan dan wisudawati STT BANDUNG :)

    BalasHapus
  16. tibatiba kangen wisuda..kangen kuliah hahah emang nih ya manusia te suka kangen sm yg udah udah. #eeh hhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. eitss.. kade teh nanti yang sekarang marah kalau inget yang udah udah terus #ups hehe

      Hapus
  17. wah, senangnya bisa turut hadir di acara wisuda seperti ini, selamat ya para wisudawan semoga tercapai harapan kalian

    BalasHapus
  18. terharu sama mahasiswa yang disabilitas tapi berprestasi, hebat sekali :')

    BalasHapus
  19. STTB ini deket rumah aku kampusnya. Keren sekarang semakin besar.. sukses terus ya para wisudawan/ti.

    BalasHapus
  20. Senyum-senyum sendiri nih bacanya, secara aku nggak ikut wisuda waktu kelulusan kuliahku karena beberapa alasan yang bikin aku malas 😁

    BalasHapus
  21. Selalu haru banget kalo inget-inget wisuda. Apalagi kalo orang tua dateng lengkap, sayangnya yg dateng mamah aja karena papah harus kerja di Papua. Makanya pengen wisuda lagi haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaahh :) waaahh.. kudu sekolah lagi brati teh :)

      Hapus
  22. Jadi kangen masa-masa wisuda dulu deh baca ini

    BalasHapus
  23. Prestasi yang sangat membanggakan.
    Sukses STT Bandung dan para wisudawan dan wisudawati!

    BalasHapus

Ikuti Blog Ini

Pengunjung

Social Media