Bandung Champion City : Inovasi Bermain Sambil Belajar untuk Generasi Juara

Maret 25, 2019


Zaman yang terus berkembang menuntut inovasi untuk terus diciptakan, salah satunya di dunia pendidikan. Seperti yang kita tahu, sistem pendidikan konvensional tidak dapat diandalkan dalam menentukan kualitas generasi muda. Perlu pendidikan dasar dari keluarga yang kuat setiap harinya, sebagai landasan perkembangan anak. Orang tua pula yang menentukan pendidikan seperti apa yang diberikan pada anak. Anak-anak yang nalurinya senang bermain tentu membuat orang tua harus pintar-pintar memilih permainan. Belum lagi semakin berkembangnya teknologi membuat banyak orangtua yang menjadikan gadget sebagai pilihan dalam memberikan permainan atau sarana hiburan pada anak. Ini tentu menimbulkan beberapa dampak negatif apabila dilakukan berlebihan, seperti menurunnya konsentrasi, dan menurunkan kesehatan mata.

Bermain di luar rumah yang dapat merangsang motorik anak, sebaiknya lebih ditingkatkan. Selain bermain di taman, banyak keluarga yang menghabisakan waktu bermain di mall untuk mengisi akhir pekannya. Nah, ada sebuah inovasi yang baru diluncurkan di Lucky Square Mall Antapani, Bandung. Mengusung tema bermain sambil belajar, Bandung Champion City hadir sebagai Indoor Edutaiment Theme Park terbesar seluas 10.000 m2. 

Bandung Champion City (BCC) resmi dibuka pada Minggu, 24 Maret 2019, kerjasama antara Dinas Pendidikan, UPI dan berbagai brand yang menjadi partnerya. BBC memiliki 177 profesi dan 77 wahana yang bisa anak-anak coba sebagai kegiatan bermain peran. Anak-anak bisa berperan sebagai dokter, astronaut, pilot, pemadam kebakaran, petugas bank, produser media, sampai wali kota. BCC dirancang sebagai miniatur kota metropolitan yang dirancang sistematis dan serupa dengan tatanan dan struktur kota sebenarnya, dimana anak belajar menjadi orang dewasa. 
 
Disambut dengan petugas memakai seragam luar angkasa
Anak-anak akan dipasangkan gelang sebagai penanda
Saat masuk, mereka akan diberikan uang-uangan (cicis) yang dapat mereka pakai untuk kehidupan di dalam BCC. Apabila uang mereka habis, anak harus bekerja untuk mendapatkannya kembali. Disana anak-anak juga bisa menyewa mobil-mobilan untuk transportasi, kemudian mengisi bensin ketika habis. Unik banget pokoknya Disini mereka akan diajarkan bagaimana hidup sebagai orang dewasa, serta ada nilai yang ditanamkan bahwa untuk hidup dan berpenghasilan, mereka harus berusaha dengan bekerja sesuai profesi yang diinginkan.

Jadi petugas pom bensin dulu, dimulai dari 0 yaa:)
Baking Class with Amanda Brownies, pulang-pulang bawa kueee
Yak, kita patroli dulu tangkap orang yang gak pakai helm.
Jadi perawat, ada bayi-bayi sama alat-alat dokternya.
Mau terbang dulu ke Korea, pake pesawat pribadi, ngendarain sendiri, mandiri banget :)
Dengan konsep edutaiment, BBC punya misi mempersiapkan anak-anak menjadi generasi emas 100 tahun Indonesia merdeka. Sebagai sarana deteksi potensi minat dan bakat sejak dini, BBC juga memiliki Laporan Bermain, yang dapat memonitor minat berkarir anak. Selain itu, ada bantuan Psikolog bagi orang tua dan guru agar dapat berkonsultasi mendiskusikan hasil laporan bermain anak.
Aku seneng banget berkesempatan hadir dalam soft opening Bandung Champion City. Menurutku, BBC punya konsep yang sangat unik dan menyenankan. Anak-anak dibiarkan memilih profesi apa yang mereka inginkan. Di setiap prrofesinya, akan ada kakak-kakak yang memberi penjelasan tentang profesi tersebut, juga praktek langsung sehingga ada sensasi berbeda yang dirasakan anak. Apalagi kalau profesi tersebut memang profesi yang ia cita-citakan. Tempatnya juga luas untuk anak-anak bermain, sekaligus orang tuanya dapat mengawasi. Banyak tempat duduk-duduk, ada café untuk tempat makan dan tempat menungggu anak yang nyaman, dan tempatnya instagramable banget. Banyak spot foto yang menarik, anak-anak bermain, ibu ayah bisa selfie-selfie cantik :)

Diakhiri dengan foto bersama teman-teman Blogger Vlogger
Bandung Champin City punya 3 karakteristik, yaitu sebagai laboratorium satuan pendidikan dengan kurikulum belajar yang rekreatif dan inovatif, memiliki fasilitas untuk mendeteksi minat dan bakat anak, serta memiliki konsep “Revolutionary Advertisement” bagi perusahaan untuk meningkatkan ketertarikan pasar akan produk atau jasa mereka. Bandung Champion City berkomitmen agar dapat membantu mencerdaskan generasi penerus bangsa, dengan tagline, “Juara Sejati Ada Disini”.

Kalau mau datang kesini kamu tinggal main ke Lucky Square Mall, naik lift di area parkiran menuju lantai P8 ya. Yuk ajak keluarga, anak, adik, ponakanmu yang berumur 4-15 tahun main ke Bandung Cahmpion City. Ada harga spesial HTM 150K jadi 75K saja mulai tanggal 25 Maret-1 April 2019, anak-anak udah bisa mencoba seluruh wahana profesi yang ada disini lengkap dengan semua kostumnya.



Bandung Champion City
Lucky Square Mall Lt. P8A,
Jalan Terusan Jakarta no.2, Bandung
Instagram : @championcity_id

You Might Also Like

8 komentar

  1. Wajib banget bawa anakku kesini.. pasti dia seneng banget tuh yang simulasi pilot 🤗🤗

    BalasHapus
  2. seru banget ya tempat bermain yang beredukasi banget ya

    BalasHapus
  3. Wuiihh seru bgt liburan di situ,ga sabar jadi pengen ajak keponakan maen kesitu..😊

    BalasHapus
  4. Seru bgt yaaa main di BCC. Aku aja yg bawa anak kepengen jd kecil lagi biar bisa maen hahaha

    BalasHapus
  5. Wah mirip2 sama kidzania ya teh. Anak dewasanya bisa coba jugakah? Uang masuk ortunya sama?

    BalasHapus
  6. Seru banget ni bermain sambil belajar ya beb jd ingin ngajak adik main kesana

    BalasHapus
  7. pas generasi anak aku 4tahun keatas kebayang gak sih BCC semakin kerennya kaya apaaaaa

    BalasHapus
  8. Seru banget nih di Bandung ada BCC widata edukasi buat anak. Gak sabar nunggu anak gede.

    BalasHapus

Ikuti Blog Ini

Pengunjung

Social Media