5 Kegiatan untuk Mengisi Waktu Ngabuburit Ramadhan

Mei 06, 2019


Alhamdulillah, kita telah memasuki bulan ramadhan yang penuh berkah. Gimana sahur pertamanya? Aku sih, masih dibangunin mama ahaha
 
Hari pertama bulan ramadhan memang bukan hal yang mudah. Semuanya kembali ke titik nol. Harus membiasakan diri lagi bangun dini hari, berusaha tetap terjaga untuk siap-siap mengawali hari, berkegiatan seperti biasanya sambil berpuasa, sampai akhirnya tiba waktu berbuka. Kira-kira sekitar 12 jam kita berpuasa, menunuggu hingga sahur untuk kemudian berbuka puasa.
Indonesia, yang merupakan Negara dengan mayoritas penganut agama Islam, membuat bulan ramadhan menjadi momen bersama yang berkesan. Banyak istilah-istilah yang identik dengan bulan ramdhan, seperti bukber, takjil, dan terakhir yang paling seru, ngabuburit.

Apa arti Nagbuburit ?
Ngabuburit adalah kata serapan dari bahasa Sunda, Jawa Barat yang berasal dari kata “burit” merepresentasikan waktu sore, senja, menjelang magrib. Istilah ngabuburit banyak diucapkan banyak orang ketika menunggu waktu berbuka, tepatnya ba’da Ashar sebelum magrib. Sebenarnya dalam bahasa sunda kata “burit” ini sendiri digunaan tidak hanya dalam konteks menunggu buka puasa. Kata ini berhubungan dengan keterangan waktu peralihan antara sore ke malam.

Ngabuburit itu sendiri dapat diisi dengan bergam kegiatan, mulai dari yang positif sampai yang kurang baik. Kita tentu ingin mengisinya dengan keiatan yang lebih positif. Apalagi janjinya Allah tentang pahala berlipat yang akan kita dapatkan dari ibadah di bulan ramadhan. Nah, disini aku akan kasih rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu Ngabuburit-musupaya lebih berfaedah.

Memperbanyak membaca Al-Quran
Setiap orang punya targetya dalam hidup, untuk mencapai sesuatu. Bulan ramadhan merupakan bulan dimana orang-orang berlomba-lomba berbuat kebaikan. Bukan hanya target dunia, di bulan ramadhan ini kita juga harus memiliki taget yang berkaitan dengan akhirat alias ibadah kita. Salah satu target yang bisa dicapai diantaranya khatam Al-Quran di Bulan Ramadhan. Membaca al quran ini dapat kita bagi di beberapa waktu. Selain setelah salat wajib, waktu ngabuburit juga bisa diisi dengan kegiatan membaca al-quran dan mendalami artinya.

Menonton Film
Selain membaca al-quran, kita bisa mengisi waktu ngabuburit ramadhan dengan menonton film. Tentu saja film-film yang bermanfaat yang bisa menambah pengetahuan dan keimanan kita. Kita bisa cari video di youtube seputar self development, film dokumenter tentang alam semesta, resep makanan sehat, atau gaya hidup sehat. Selain itu, kita juga bisa menonton video ceramah dari uztad terkenal seperti Uztad Hannan Attaki, Uztad Adi Hidayat, Uztad Salaf Bassalamah dll

Membaca buku
Selain menonton film, waktu ini juga bisa kita manfaatkan dengan membaca buku. Mungkin ada novel yang ingin kita selesaikan. Membaca sambil ngabuburit akan menjadi momen yang menyenangkan. Membaca buku 10 menit sehari akan sangat berpengaruh pada perkembangan otak kita. Jika diniatkan ibadah kegiatan ini selain bermanfaat untuk pengetahuan kita juga menambah pahala di bulan ramadhan

Berolahraga sebelum berbuka
Siapa bilang kalau lagi puasa gak boleh olahraga?
Boleh banget, asal kita tahu waktu yang tepat. Jangan olahraga pagi-pagi terus kita haus dan akhirnya dehidrasi. Waktu terbaik berolahraga saat puasa adalah malam hari setelah tarawih dan sebelum berbuka. Kita bisa melakukan jogging ringan atau berolahraga di gym sekitar jam 4.30 sore. Kemudian, kita berhenti pukul 05.30 dan mempersiapkan buka puasa. Jeda antara setelah olahraga dan berbuka tidak terlau jauh, sehingga cairan tubuh yang hilang akan cepat terganti.

Berburu takjil
Naah, kegiatan terakhir ini paling favorit dilakukan masyarakat Indonesia, berburu takjil. Sebuah pemandangan yang tak aneh ketika banyak pasar tumpah dadakan di pinggir jalan. Banyak orang berburu takjil sambil pulang kerja, atau menyengajakan berburu takjil dari rumah. Gak jarang kita membeli makanan yang sebenarnya berlebihan saat berburu takjil ini, maklum lah lapar mata. Kita harus tetap bijak ya gais dalam berburu takjil saat bulan ramadhan, jangan smapai mubazir.
Kegiatan mana yang paling kamu sukai untuk megisi waktu ngabuburit? Komen di bawah ya.

Hari pertama #30HariKebaikanBPN

You Might Also Like

2 komentar

Ikuti Blog Ini

Pengunjung

Social Media