Belajar Pola Makan yang Tepat Saat Ramadhan bersama Pocari Sweat

Mei 03, 2019



Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari, Alhamdulillah. Suasananya sudah tercium dimana-mana. Swalayan dengan segala diskonnya, kue-kue kaleng, kue kering, timun suri di pinggir jalan, sampai teaser acara-acara ramadhan di televisi. Semakin mengingatakan kita pada istimewanya suasana ramadhan.
Ngomongin ramadhan, buatmu apa sih yang paling bikin kangen?
Jajan takjil pulang kerja
Jam-jam kritis perut kerubukan
Atau
Ikut bukber, eeh..ada mantan
Mhahahha

Becanda deng. Hal yang bikin kangen tentu saja puasanya yang ketika tidurnya saja berpahala, masya Allah. Suasanya bulan ramdhan tuh selalu berasa gak cukup karena cuma sebulan. Rasanya syahdu dan suka pingin dilanjutin berbulan-bulan. Sepertinya semua orang vibenya positif terus. Apa yang disajikan di media juga hal-hal yang berfaedah dan menenangkan hati. Bawaannya adeeem banget. Ini jadi kesempatan buat kita untuk memperbanyak meminta ampunan atas dosa-dosa kita,  beribadah, berbuat kebaikan dan berdoa. 

Nah kalau kita sudah merencanakan berbuat baik di bulan ramadhan, asupan makanan selama berpuasaa juga harus direncanakan dong.  Jadi inget waktu SD dulu, aku selalu batalin puasa kalau habis pulang belanja di swalayan. Alasannya, capek gakuat, padahal sih gak tahan mau makan eskrim atau mie instan yang baru saja dibeli :”” Lemaaaah emang.

Kalau aku dan mama di rumah sama-sama searching makanan apa saja yang baik dikonsumsi saat sahur dan buka puasa. Saat sahur kita disarankan mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat tinggi, kacang-kacangan serta karbohidrat. Asupan air putih juga jangan sampai kurang yang gengs. Minum air putih minimal 1,5 liter sehari jadi wajib kita lakukan, terutama diperbanyak saat sahur supaya kuat menjalani aktivitas seharian.Selain itu saat berbuka, kita disarankan makan yang manis, contohnya kurma seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW. Setelah berbuka dengan yang manis, sebaiknya melaksanakan salat dahulu baru makan makanan berat.

Selain makanan yang dianjurkan, ada juga makanan yang sebaiknya kita hindari saat bulan ramadhan, diantaranya :

Konsumsi gula lebih saat sahur
Siapa yang kalau sahur suka minum teh manis dengan alasan biar berenergi seharian?
Ini jadi kebiasaan di rumahku dulu, tapi lama-lama orang tuaku sadar bahwa kebiasaan ini kurang baik. Gula bisa menarik cairan yang ada dalam tubuh dan mempercepat proses keluarnya lewat urin. Tentu ini akan membuat kita cepat haus saat puasa. Faktanya, gula terkandung dalam makronutrien yang kita makan, seperti nasi, singkong bahkan buah-buahan.

Makanan yang terlalu asin saat sahur
Siapa yang nyetok makaroni bermicin pas puasa?
Makanan ini memang menggugah selera sih karena rasanya yang kuat dan gurih. Namun, sama seperti gula, garam juga banyak menarik cairan keluar tubuh. Hasilnya? Mulut jadi kering dan gampang haus siang hari :”

Makanan pedas
Susah banget menhindari konsumsi makanan pedas, apalagi pas buka puasa. Rasanya lapar seharian bisa langsung hilang dengan makan makanan pedas yang menggugah selera. Makanan pedas sah-sah saja, tapi kalau terlalu pedas tentu akan menimbulkan efek samping, mulai dari tenggorokan kering sampai diare.

Fast food
Paling susah nolak ajakan bukber di KFC, mekdi, atau recheese. Jadi semacam keharusan banget dalam sebulan, setidaknya ada lah sekali buka pakai fastfood. Sah-sah aja sebenernya, Cuma kalau terlalu sering kasian juga perutnya. Fastfood memang praktis dan cepat dalam segi penyajian, tapi juga banyak sekali kekurangannya terutama dalam hal kandungan minyak tinggi. Rata-rata fastfood yang banyak dinikmati menyajikan hidangan yang serba digoreng. Minyak yang digunakan untuk menggoreng mkanan berulang kali tentu kurang baik bagi kesehatan.


Inti dari segala pantangan maknaan saat berpuasa ini, mengajarkan kita bahwa sesuatu yang berlebihan itu akan menjadi kurang baik.

Kalau tadi kita bahas tentang asupan yang sebaiknya dikurangi saat berpuasa, sekarang tentang asupan apa sih yang penting saat berpuasa. Selain makan maknan sehat, minum air putih yang cukup kita juga perlu minuman tambahan untuk tetap semangat beraktivitas. Pocari sweat adalah minuman isotonik yang digunakan sebagai pengganti elektrolit tubuh dengan cepat. Minuman ini juga dijamin tanpa bahan pengawet, tentu sudah memiliki BPOM dan sertifikasi halal. Pocari sweat dianjurkan untuk dihabiskan setelah dibuka, jangan dibekukan dan tidak terkenalsinar matahari langsung.
 
Komposisi :
Air, gula, pengatur keasaman, natrium klorida, kalium klorida, kalsium laktat, magnesium karbonat, antioksidan asam askorbat, perisa sintetik dan perisa alami sitrus.

Kakarteristik Pocari sweat ini dibuat semirip mungkin dengaaan cairan tubuh, sehingga mudah diserap dan mengembalikan ion tubuh. Seat sahur adalah waktu terbaik mengonsumsi Pocari sweat, supaya cairan tubuh kita tetap terjaga sepanjang hari. Ia akan membuat tubuh kita tetap segar dan semangat menjalani sampai waktu buka tiba. Gimana, kamu sudah punya stok Pocari Sweat untuk sahurmu belum ? 

Tulisan aku ini didapat dari acara Beauty Talk Blogger Vlogger Yeppo bersama Pocari Sweat. Banyak banyet ilmu yang didapat, bikin aku siap menjalani puasa di bulan Ramadhan.  Thankyou, Pocari Sweat :)

Diproduksi oleh :
PT. Amerta Indah Otsuka
Sukabumi, 43359, Jawa Barat.

You Might Also Like

13 komentar

  1. Nah ini bagus banget buat mencharge tubuh dengan minuman yang mengandung ion.. Aku juga suka ngestok banyak di rumah apalagi pas mau puasa seperti ini hehehe

    BalasHapus
  2. Aku pribadi tidak menjalankan ibadat puasa ya cuma pocari sweat ini memang pantas direkomendasikan karena bikin seger badan dan ringan jadi semangat beraktivitas

    BalasHapus
  3. aaahh bulan ramadhan sebentar lagi, selamat menjalankan ibadah puasa ka :)

    BalasHapus
  4. Ahhh aku suka banget sama pocari ini soalnya enak dan seger banget diminum

    BalasHapus
  5. Aku juga sebelum puasa udh sering minum pocaei sweet, misal lagi panas panas, enak banget jadi segar

    BalasHapus
  6. selamat menunaikan ibadah puasa ya bebb! semoga sehat selaluu dan lancar puasanyaa

    BalasHapus
  7. selamat mempersiapkan untuk menyambut bulan ramadhan teteh.. semoga lancar lancar ya

    BalasHapus
  8. Akupun selalu stock untuk ramadhan

    BalasHapus
  9. seger banget emang si pocari tuh ya beb.. aku nyetok nih untuk bulan puasaaa hihi

    BalasHapus
  10. Wah aku suka banget sih minum pocari. Apalagi kalau lg aktivitas padet. Selalu stok ini..

    BalasHapus
  11. Waah penting banget nih pocari buat menjaga ion tubuh saat berpuasa. Aku juga sering minum ini saat puasa

    BalasHapus
  12. Ini senjata banget saat udah mulai cape. Mana seger dan rasanya enak jugaaa

    BalasHapus
  13. Pocari ini juga merupakan minuman pilihanku saat puasa, bener2 bisa menambah ion tubuh loh

    BalasHapus

Ikuti Blog Ini

Pengunjung

Social Media