Cara Membuat Cilok Mudah

Mei 12, 2019

Cilok
Cireng
Cimol
Cilor
Cipuk
Adalah beragam penganan berbahan dasar aci (tepung tapioka) yang tersohor dari Bandung. Makanan-makanan ini dapat kita jumpai di pinggir jalan, di warung dekat rumah, maupun di supermarket. Namun, pada dasarnya makanan-makanan ini adalah street-food yang kemudian banyak dimodifikasi agar dapat diterima di berbagai kalangan.

Semua makanan berbahan dasar aci ini berasal dari beberapa singkatan cilok (aci dicolok), cireng (aci digoreng), cimol (aci diemol), cilor (acid an telor) serta cipuk (aci dengan kerupuk). Makanan-makanan ini punya ciri khas tekstur yang kenyal dan lembut. Rasanya yang hanya asin, biasanya dipadukan dengan bumbu, mulai dari bumbu kacang, saos kecap dan sambal, bumbu bubuk serta disajikan dengan kuah.

Kamu yang orang Bandung atau orang Sunda, paling suka yang mana ?
Aku suka banget cilok, apalagi dengan beredarnya baso aci sekarang yang notabene adalah cilok yang disajikan dengan kuah. Cilok itu punya tekstur yang kenyal. BIasanya diisi dengan daging, atau telor puyuh. Selain itu, makanan ini tidak berminyak, jadi lebih friendly di tenggorokan. Aku punya langganan cilok dari zaman SD, yang masih jualan sampai sekaang di komplekku. Bumbu kacangnya khas, kental dan rasanya pas. Nah, ternyata cara menbuat cilok itu tidak sulit, kita bsa mempraktikkannya sendiri di rumah. Berikut tahapan serta bahan pembuatan cilok yang sederhana.

Bahan yang Dubutuhkan :
Tepung Terigu
Tepung Tapioka
Air Panas
Daun bawang irirs kecil
Penyedap

Bumbu halus :
Bawang putih 2 siung
Ketumbar 1 sdt
Merica
Garam

Cara membuat :
Panaskan air untuk merebus
Sambil mengunggu air mendidih campur terigu dan tepung tapioca aduk merata masukkan semua bumbu, daun bawang dan sedikit air
Hentikan menambah air jika adonan sudah cukup kalis untuk dibentuk
Bentuk sesuai selera sambil dimasukkan ke dalam air mendidih
Tunggu sampai matang
Hidangkan denga bumbu kacang atau saus

Ini resep pembuatan yang begitu dasar tanpa isian. Super gampang untuk dicoba dibuat di rumah. Dengan membuat makanan sendiri, tentu ini lebih aman karena kita dapat mengontril makanan yang masuk. Aku jadi gasabar nih bikin cilok hari iniiii.

You Might Also Like

0 komentar

Ikuti Blog Ini

Pengunjung

Social Media