Resep Sayur Asem Super Gampang

Mei 11, 2019

Gimana gais puasanya?
Aku akhir-akhir ini lagi agak lemes, mungkin karena masih tahap penyesuaian di awal-awal bulan Ramadan ya. Ini juga bisa jadi karena asupan cairan tubuh selama bulan ini masih kurang terpenuhi. Seperti yang kita tahu hampir 80% tubuh kita mengandung air. Dalam sehari, minimal tubuh kita harus mendapatkan 1.5 L air. Ini bisa dipenuhi dengan minum kira-kira 8 gelas sehari. Namun, hal ini juga bisa dipenuhi sepersekiannya dengan mengonsumsi makanan berkuah. Secara tidak langsung air masuk ke dalam tubuh kta bersamaan ketika kita makan. 

Untuk mencukupi cairan tubuhku, hari ini aku akan masak sayur asem yang super simple untuk berbuka puasa. Resep ini aku dapatkan dari mama, jadi ini resep khas mama di rumah. Sayur asem merupakan makanan dengan sensai segar. Rasa asam, asin, pedas akan berbaur, apalagi dengan sayur-sayurannya yang khas dan goreng ikan asin. Sempurna deh. Berikut resep sayur asem super gampang ala mamaku.

Bahan yang Dibutuhkan :
Jagung 2 bh
Waluh kecil 2 bh
Kacang Pajang 10 buah
Daun Tangkil/Daun melinjo Secukupnya

Bumbu :
Bawang Merah
Bawang Putih
Cabai Merah 4 bh
Garam
Bumbu Racik Sayur Asam
Lengkuas 3 iris tipis
Asam Jawa 2 bh
Air

Cara membuat :
Rendam asam jawa dalam air hangat
Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, gula, dan garam menggunakan blender hingga halus
Didihkan air bersama bumbu halus
Masukkan lengkuas
Tambahkan Bumbu Racik Sayur Asam secukupnya
Masukkan air asam jawa, boleh masukkan bebrapa bijinya
Didihkan sayuran satu per satu mulai dari yang paling keras. Jangung terlebih dahulu, biarkan sekitar 5 menit, lanjutkan memasukkan kacang panjang, waluh dan daun tangkil
Tutup panci, diamkan 15 menit sampai semua bahan matang
Sayur asam siap disajikan bersama ikan asin gorieng dan nasi panas

Cara pembuatan sayur asam ini sangat mudah, sehingga tidak hanya para ibu yang dapat mencontoh, tapi teman-teman yang baru belajar masak, atau anak kost juga dapat mempraktikkannya di rumah. Jadi, teman-teman masak apa untuk buka puasa hari ini ?

You Might Also Like

0 komentar

Ikuti Blog Ini

Pengunjung

Social Media