Tempat Belanja Minim Sampah di Bandung : Zero Waste Indonesia

Maret 28, 2020

Saat ini kepedulian masyarakat Indonesia tentang gaya hidup minim sampah mulai menyebar. Tak terkecuali di kota Bandung. Banyak komunitas maupun perseorangan yang bergerak untuk menyebarkan kepedulian terhadap lingkungan. Kegiatan ini biasanya berupa acara-acara bulanan seperti seminar, workshop, kegiatan aksi di Car Free Day Bandung, maupun menyebarkan kampanye di media sosial. Hal ini yang membuat semakin meluasnya gaya hidup minim sampah terutama di masyarakat kota Bandung.


Tentu dengan menerapkan gaya hidup ini, kita perlu mencari beberapa barang alternatif yang punya dampak minim dibandingkan produk-produk konvensional. Berikut adalah beberapa tempat yang bisa kamu jaidkan tujuan untuk belanja produk yang lebih ramah lingkungan.

Warung 1000 kebun
IG : @warung1000kebun
Sebetulnya, warung 1000 kebun merupakan sebuah toko offline sebagai wadah untuk menjual produk-produk sebuah komunitas, komunitas 1000 kebun. Barang-barang utama yang dijual disana adalah sayur dan buah segar organik. Selain itu, ada pula bahan-bahan lain seperti bumbu masak, madu, pasta, beras dan kacang-kacangan, mie sayuran, makanan olahan organik, alat-alat dapur seperti sedotan alumunium sampai alat-alat untuk berkebun. Kamu bisa membwa wadahmu sendiri untuk membeli pasta dan cemilan organik. Nah, selain itu warung 1000 kebun juga menyediakan kebutuhan selfcare yang ramah lingkungan seperti sikat gigi bambu, sabun organik, dan masker organik.

Alamat : Jl. Boling, Jl. Arcamanik Endah No.26, Sukamiskin, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40293

Toko Organic
IG : @toko_organic
Hampir sama seperti warung 1000 kebun, Toko Organic juga menghighlight bahan makanan organik sebagai produk utama mereka. Dilihat dari ukuran, toko organic lebih luas dibanding warung 1000 kebun. Varian bahan makanannya juga lebih beragam. Kalau di tempat sebelumnya banyak menjual sayur dan buah segar, kalau toko organic ini banyak menjual makanan kemasan yang organik seperti garam Himalaya, berbagai bumbu masakan, berbagai macam tepung gluten free, oat, beragam VCO. Beragam minuman sehat seperti jamu, jus, yohurt, air kelapa muda yang dikemas dalm bentuk botol juga dijual disini. Selain itu, ada peralatan makan dari kayu sedotan alumuniaum dan sdotan plastic. Jenis produk perawatan, seperti skincare dan makeup organik juga cukup banyak tersedia disini. Varian essential oil Young Living juga bisa kamu temukan disini. Kemudian, yang paling menarik, mereka juga jual menstrual cup dari brand Organicup. Namun, di toko ini belum tersedia makanan yang bisa dibeli dengan sistem refill.





A post shared by Toko Organic (@toko_organic) on
Alamat :
Jl. Cimanuk No.6, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

Toko Pong
IG : @tokopong @parongpong
Toko Pong merupakan sebuah toko yang menjual zerowaste kit essential yang belokasi di Parompong, Dago Atas. Kebanyakan barang yang dijual merupakan barang-barang yang sama dijual oleh salah satu toko zerowaste online yaitu cleanomic. Toko pong lebih focus pada peralatan bagi para zero waster daripada bahan makanan. Seperti sedotan stainless, sedotan bamboo, sabun dan sampoo bar, sikat gigi bamboo, loohfah dll. Mereka juga menjual baju berbahan linen di tokonya.

Alamat : Jl. Dago Pojok no. 60, Bandung - Indonesia
Open on Monday, Tuesday, Thursday, Friday, Saturday, Sunday
from 11.30 am - 7.30 pm
Close on Wednesday

Toko Organis YPBB
IG: @tokoorganisypbb
Nah, kalau Toko Organis YPBB menurutku sangat cocok untuk kalangan ibu-ibu. Mereka menjual keperluan rumah tangga dalam bentuk refill. Jadi kita membawa sendiri wadah untuk kemudian membeli isi produknya saja disana. Beberapa keperluan yang dijual diantaranya sabun cair, detergen cair, beras, minyak gulan dna masih banyak lagi. Mereka juga menjual drum untuk pembuatan kompos mandiri di rumah. Ini ,menurutku menarik banget sih, mengambil konsep bulkstore yang dikemas sangat lokal. Produk yg dijual pun masih merupakan produk konvensionala yang beredar di pasaran sehingga dari segi harga tentu tangat terjangkau.

Alamat : Jl. Batik Tiga Negeri, Sukaluyu, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40123

Nah, itu tadi beberapa tempat yang bisa jadi tempat tujuanmu memulai perjalanan minim sampah.  Adakah darimu yang sudah perang mengunjungi salah satunya ?
Komen di bawah yaa

You Might Also Like

0 komentar

Ikuti Blog Ini

Pengunjung

Social Media