DIY Lip Scrub Berbahan Alami Super Gampang

April 07, 2020

 
Apa cuma aku yang punya lipstick dengan warna yang mirip dari brand berbeda? No, no aku tau aku gak sendirian. Paling gak tahan sama lip product. Apalagi kalau ada produk baru dengan berbagai klaim yang menggoda.

Produk untuk bibir mulai dari lipstick, lipcream, liptint sampai lipgloss dengan sekian banyak warna dan merk beredar di pasaran. Beragam warna yang menarik ini tentu bikin kita gemas dan pingin punya semua. Belum lagi walau warnanya hampir sama, tiap brand pasti punya formula yang berbeda-beda di bibir kita. Ada yang memberi kesan matte, ada yang satin finish sampai glossy.

Hal ini membuat kita perlu menjaga kesehatan bibir. Tiap wanita diberi warna kulit dan karakteristik kulit yang berbeda, yang mempengaruhi bibirnya. Ada yang kulitnya cerah sehingga bibirnya lebih pucat atau malah kemerahan. Ada pula yang kulitnya sawo matang sehingga bibirnya mudah sekali menghitam, apalagi setelah menggunakan lip product seharian.

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan kelembaban bibir adalah dengan menggunakan lipbalm sebelum menggunakan pewarna bibir. Lip balm selain berfungsi melembabkan kulit juga menjadi penghalang antara bibir dan pewarna bibir kita. Ini akan membuat bibir kita tidak langusng terpapar oleh pewarna bibir/lip product sehingga lebih sehat.

Selain itu, kita juga perlu melakukan scrubbing pada bibir kita secara berkala. Ini berfungsi untuk mengangkan sel kulit mati pada kulit bibir, menghilangkan warna bibir yang kusam atau menghitam serta memberikan warna cerah pada bibir kita. 

Banyak merk lip scrub yang beredar di pasaran. Namun, demi mengurangi sampah kemasan dan menghemat budget lipscrub ini bisa kita buat sendiri loh. Berikut resep DIY Lipscub yang biasa aku lakukan :
1 sdt gula pasir
1 sdt minyak zaitun atau VCO (Virgin coconut oil)

Cara membuatnya mudah sekali. Pertama, haluskan gula pasir dengan cara ditekan perlahan menggunakan sendok hingga butirannya menjadi lebih kecil dan halus. Kemudian, tambahkan minyak zaitun atau VCO. Aduk rata dan DIY Lipscrub pun siap digunakan. Kamu bisa menggunakan merk apapun untuk gula dan minyaknya, asal jangan minyak goreng ya gais:)

Biasanya aku lakukan scrubbing kulit bibir ini selama sekitar 2 menit, kemudian tunggu agak mengering selama 5 menit. Lalu, scrub ulang sagar kulit mati terangkat maksimal. Setelah itu, basuh bibir menggunakan air hangat untuk menghilangkan minyaknya.

Tentu saja butuh ketekukan dan ketelatenan saat menggunakan produk alami. Efek dari perawatan ini mungkin baru terlihat pada pemakaian kedia atau ketiga. Hati-hati yaa, jangan menggosokkan scrub terlalu keras karena kulit bibir kita sangat tipis dan sensitif. Lalu jangan pula melakukan scrubbing bibir terlalu sering, cukup seminggu sekali atau 2 kali saja.
Selamat mencoba:)

You Might Also Like

0 komentar

Ikuti Blog Ini

Pengunjung

Social Media