Zero Waster Indonesia, Inilah Beauty Brand yang Punya Program Recycling

April 01, 2020



Mengurangi sampah pribadi merupakan langkah awal yang bisa kita lakukan untuk memulai gaya hidup yang lebih berkesadaran. Dengan mengurangi sampah pribadi artinya kita sudah memberikan sumbangsih pada keberlanjutan bumi. Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mengevaluasi sampah pribadi kita. Kondisiku yang saat ini aku tinggal dengan orang tua membuatku hanya fokus pada sampah pribadiku saja yang kebanyakan anorganik. Hal ini biasanya berupa sampah skincare, hair care, body care, dan makeup. Soal sampah organik dari sisa makanan akan kita bahas di postingan lain. 

Mayoritas produk selfcare ini dikemas dalam kemasan plastik, kertas atau karton. Namun, kemasan terbanyak adalah kemasan plastik. Apa yg biasa teman-teman lakukan dengan sampah produk selfcare ini, apakah langsung dibuang? Sampah plastik yang langsung kita buang akan berakhir di TPA dan kemungkinan besar tidak akan terolah/didaur ulang. Seperti yang kita tahu, sampah plastik ini apabila dibiarkan saja akan sangat sulit teruarai. Butuh ratusan sampai ribuan tahun, sehingga akhirnya kan menjadi masalah di TPA.

Nah, sudah saatnya kita mengumpulkan sampah bekas skincare, makeup dan perawatan diri lainnya Setelah dikumpulkan, kita bisa menyalurkannya ke bank sampah terdekat. Kalau di Bandung, kita bisa serahkan ke Plastavfall. Kalau teman-teman ada di Jakarta, bisa cari dropbox Waste4Cahneg terdekat.

Selain memilah sampah plastik bekas produk perawatan diri, alternatif lain yang bisa kita lakukan adalah dengan mengganti produk kita dengan produk yang memiliki program recycling. Biasanya bran-brand seperti ini punya mekanisme yang memungkinkan konsumen untuk mengembalikan kemasan bekas produk mereka untuk kemudian diolah kembali oleh brand-brand tersebut. Berikut adalaha beberapa beauty brand yang punya program recycling

The Body Shop
Siapa tak kenal brands satu ini. The Body Shop sebuah brand asala Inggris yang gerainya yang tersebar di mall-mall di Indonesia, membuat kita membuatnya mudah ditemukan. Brand ini memang terkenal dengan kampanya ppeduli lingkungan dan suastainabilitynya. The body shop ini punya program Bring Back the Bottles sejak tahun 2008. Kita dapat membawa kemasan bekas produk ke gerai terdekat dan mendapatkan poin. Semua kemasaan bisa dikembailkan loh kecuali sachet. Sampah plastik ini biasanya akan diolah menjadi alat-alat rumah tangga.

Innisfree
Para penggemar skincare korea pasti sangat akrab dengan brands satu ini. Innisfree juga dikenal aktif dalam menyebarkan kampanye peduli lingkungan. Beberapa kampanye yang dilakukan yaitu mengganti penggunaan tisu dengan eco-handkerchief (saputangan) dan program Empty Bottle Recycle. Eco-handkerchief diluncurkan sejak tahun 2010 sementara Empty Bottle Recycle telah dimulai sejak 2013. Sampai saat ini Innisfree telah melakukan daur ulang 12 juta kemasan lebih. Program ini hanya berlaku untuk botol kososng kemasan perawatan kulit, rambut, dan badan baik botol kaca maupun plastik, namun belum berlaku pada produk makeup, botol spray dan pewarna rambut. Setiap bulan konsumen dapat memebrikan maksimal tiga botol per-orang. Apabila sudah mendaftar sebagai member kita akan mendapat 6000 poin yang dapat ditukarkan dengan promo menarik.
Kielhs
Kielh,s terkenal dengan kemasan dur ulang serta bahan baku yang mengutamakan sustainability. Saat mengunjungi gerainya kita akan menemukan Drop Box Made Better. Kita dapat mengembalikan kemasan bekasnya untuk kemudian dijadikan bahan baku pembuatan emasan baru. Setiap satu botol full size yang kita berikan akan mendapat 1 stempel. Apabila telah mengumpulkan 5 stempel kita dapat memilih produk travel size secara gratis.
 

Sensatia Botanicals
Bagganya, brand terakhir adalah brand lokal yang berasal dari Bali. Sensatia Botanical terkenal dengan produknya yang tanpa Sulphate dan punya label "Reef Safe". Artinya produk produk ini punya kandungan yang aman dna tidak merusak karang saat masuk ke perairan. Brans ini juga memiliki program recycle. Dengan membalikan kemasaan bekas, kita akan mendapat 1 recycle sticker. Setelah mendapat 12 recycle sticker kita akan mendapat voucher belanja sebesar 100.000. Selain itu, brand ini juga punya produk sheetmask yang diklaim biodegradable. Selain di Bali, kita juga dapat mengunjungi gerai terbarunya di Mall Kelapa Gading, Jakarta.

Itulah beberapa Beauty Brand yang punya program recycilng. Semoga seiring berjalannya waktu semakin banyak brand kecantikan terutama brand lokal yang punay program serupa yaa :)

You Might Also Like

2 komentar

Ikuti Blog Ini

Pengunjung

Social Media