Tips Membuat Foto Produk yang Menarik : Bekal jadi Praktisi Digital Marketing

Bekal Menjadi Praktisi Digital Marketing
Foto 1 : Cara Membuat Foto yang Menghasilkan Transaksi Milyaran

Menurutku salah satu skill yang penting dimiliki di zaman digital ini adalah skill fotografi. Kalau memang ingin diseriuskan kita bisa belajar intens mulai dari jenis-jenis kamera, cara pemakaiannya, cara perawatannya. Namun, kita juga bisa belajar skill skill dasar fotografi dengan kamera handphone seadanya yang kita punya. Akhir-akhir ini aku sedang mendalami lagi tips foto produk yang baik. Apalagi ini berhubungan dengan pekerjaanku sebagai beauty content creator yang sering melakukan foto skincare atau foto makeup. 
Untuk teman-teman lain, ilmu ini mungkin akan bermanfaat kedepannya kalau berniat berbisnis secara online yang mungkin akan melakukan foto baju , foto tas atau foto produk lainnya.

Seneng banget di pagi hari tanggal 11 Juni 2022 aku berkesempatan untuk ikut pelatihan yang digelar oleh Indscript Creative dengan Judul "Cara Menghasilkan Foto yang bisa menghasilkan Transaksi Milyaran". Acara ini dipandu oleh Teh Indari Mastuti, CEO Indscript Creative dengan pemateri Kak Sarah Malik yang merupakan Praktisi Digital Marketing yang merupakan Owner Foto Produk Katalog. Kak Sarah Malik beserta suaminya, sudah berpengalaman 10 tahun di bidang jasa foto produk yang biasanya menghasilkan foto produk untuk katalog. Gak main main, clientnya pun dari brand-brand ternama dan 60% selalu repeat order saking cintanya sama hasil jepretan tim @fotoprodukkatalog.


Dalam kesempatan itu aku dapat banyak tips berharga dari Kak Sarah, sebelum cerita tentang foto produk yang dijalankan FPK, beliau kasih empat Tips membuat konten digital
1. Mencari Informasi di Google atau Youtube
Informasi sudah tersebar luas di berbagai platfform. Kita bisa mencari ide dan informasi dari google atau yputube sebagai refrensi untuk membuat konten yang segar dan original.

2. Mempelajari Hastag di Social Media
Dalam mencari info di social media, kebanyakan pengguna masih menggunakan fitur hastag. Sehingga penting untuk kita pembuat konten mempelajari hastag yang dipakai sesuai dengan konten atau produk kita.

3. Lakukan Cara Amati Tiru Modifikasi Metamorfosis (ATMM)
Setelah mencari ide dari platform atau akun lain, kita gunakan rumus ATMM ini. Setelah dimodifikasi, kita bisa terus melakukan metamorfosis untuk pengembangan konten kita agar kualitasnya semakin baik.

4. Lakukan "Tanpa Tapi, Tanpa Nanti"
Ini yang suka jadi PR buat content creator, menunda nunda. Padahal ide segar sebaiknya langsung kita keluarkan menjadi sebuah postingan agar pesannya langsung kena dan momennya pas. Belajar buat "tanpa tapi, tanpa nanti".

Selain itu kak Sarah Malik juga membagikan Tips untuk membuat Foto Produk dengan Handphone

1. Tentukan Tema
Pertama tentukan tema untuk foto yang akan kita lakukan. Sesuaikan dengan produknya. Misalnya kita akan membuata foto skincare berupa sunscreen, maka kita bisa ambil tema pantai. Contoh lain kita akan melakukan foto produk baju anak, kita mungkin bisa pilih tema yang simple dan minimalis untuk mengimbangi baju anak yang biasanya berwarna warni.

2. Siapkan Properti
Penentuan tema tadi akan berpengaruh pada propwrti yang akan kita gunakan. Properti ini meliputi warna background dan barang-barang pendukung lain yang memperkuat tema.

3. Atur Pencahayaan
Nah ini yang gak kalah penting. Sudah ada background dan properti yang cocok tentu harus diimbangi oleh pencahayaan yang baik. Kak Sarah bilang pencahayaan yang paling bagus itu dari sinar matahari. Aku setuju banget, setiap foto produk aku selalu cari sinar matahari sore supaya dapet efek golden hour.

4. Sebarluaskan
Setelah foto selesai, sebarluaskan di akun social media kita. Apabila untuk kepentingan penjualan produk, kita bisa sesuaikan platform dengan rentang umur target audiens yang sesuai. Untuk remaja dibawah 20 tahun, mungkin kita bisa mengaktifkan konten kita di tiktok. Untuk umur 20 sampai 35 tahun, kita bisa memanfaatkan instagram sementara untuk konten dengan target umur di atas 35 tahun kita bisa aktif membuat konten di facebook.
Sumber : @fotoprodukkatalog

Banyak banget ilmu yang dapet dari sharing-sharingnya Kak Sarah Malik. Bikin kita sadar kalau memulai sesuatu bisa dari hal yang sederhana, yang penting kita terus menerus mencoba sampai ketemu style foto kita sendiri.

Kalau temen-temen gak punya waktu, atau ingin hasil foto produk yang terjamin kualitasnya bisa pakai jasa foto produk FPK @fotoprodukkatalog.
Selamat bereksperimen❤

Komentar

  1. Terima kaaih tipsnya. Hape bisa dipake buat motret dan menghasilkan foto yang keren

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Salsa Hans Jebb Gel Skin Cleaner

Solusi Rambut Rontok dalam 14 Hari : Review Natur Hair Tonic Extract Gingseng & Aloe vera

Cerita Liburan ke Jogja