Tribelio Whatsapp Broadcast : Solusi Lejitkan Bisnismu

Tribelio page

Banyak dari kita mungkin tidak asing dengan istilah email marketing. Memasarkan sebuah produk atau jasa melalui pengiriman email secara broadcast pada costumer. Seiring berjalannya waktu, penggunaan email ini lebih terbatas dan kurang menyasar target pasar. Sehingga perlu dicari aplikasi lain yang lebih umum dipakai untuk semua orang, salah satunya Whatsapp. Aplikasi ini merupakan aplikasi paling umum yang dipakai oleh semua jenis usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga yang sudah berumur lanjut. Whatsapp ini menggantikan fungsi SMS yang selama ini fungsi utamanya untuk mengirim dan menerima pesan. Peluang ini dilirik oleh Tribelio sebagai platform yang ingin membantu memudahkan komunitas salah satunya dalam bisnis.

Tribelio yang memiliki tribeliopage.com merilis Tribelio Whatsapp Broadcasting. Teknik broadcasting ini dinilai cukup mudah dilakukan karena kita sebagai pemilik usaha hanya membuat sebuah konten yang dapat menyasar banyak orang, yang diharapkan akan menjadi costumer. Dalam webinar dengan Indscript tanggal 18 Agustus 2022, CEO Tribelio, Denny Santoso menceritakan manfaat yang bisa didapat dari penggunaan Tribelio Whatsapp Broadcasting ini. Sebelum mengenal Whatsapp Broadcast ini, teman-teman boleh browsing tentang Tribelio ke tribeliopage.com dan bisa belajar tentang Tribelio Page yang bisa menggabungkan link artikel, website pribadi, video, termasuk produk yang ingin dipasarkan. 

Denny Santoso

Kita balik lagi ke cerita Tribelio Whatsapp Broadcast. Untuk pembuatannya mudah sekali. Teman-teman tinggal membuat dua halaman landing page di Tribelio Page. Halaman pertama digunakan sebagai laman utama. Laman ini berisi penjelasan produk yang terdiri dari foto-foto produk, video, link website. Laman utama perlu dibuat semenarik mungkin dengan menggunakan bahasa yang persuasif. Sementara, laman kedua berisi kontak yang terdiri terdiri atas nama, alamat email dan nomor WhatsApp, selanjutnya membuat tombol konfirmasi. Nomor-nomor Whatsapp inilah yang akan menjadi database untuk mengirimi Whatsapp Broadcast.

Sebelum memakai broadcast dengan channel Whatsapp, ada beberapa hal yang perlu teman perhatikan :
1. Disarankan untuk menggunakan nomor baru yang bukan merupakan nomro pribadi maupun akun bisnis yang ada
2. Satu pesan maksimal dikirim kepada 256 nomor dalam satu waktu, untuk menghindari "banned" dari Whatsapp
3. Satu pesan broadcast yang dikirimkan akan berjeda 10 detik dari satu nomor ke nomor lainnya. Untuk maksimal jeda bida diset mulai dari 15 detik
4. Terdapat pilihan unsubscribe jika diperlukan untuk membuat pilihan audience yang tidak akan menrima pesan lagi.

Berikut tahapan pembuatan Tribelio Whatsapp Broadcast :
1. Buka Creator Account Dasboard, klik menu broadcast. Lalu klik "Create New Broadcast" atau "Create Now"
2. Masukkan judul campaign broadcast lalu  klik "Create"
3. Kemudian lakukan aktivasi Whatsapp dengan klik "Activation"
4. Teman-teman akan diarahkan ke Manage Whatsapp pada settings, klik "Add Wahtsapp"
5. Masukkan Nama Akun dan Nomor Whatsapp yang akan dipasangkan, kmeudian klik "Continue"
6. Setelah itu, akan ada QR Code yang kemudian perlu discan pada aplikasi Whattsapp
7. Tunggu sampai kedua device (Laptop dan Handphone) terkoneksi satu sama lain
8. Apabila proses berhasil pada Tribelio akan muncul " Whatsapp Account Succesfully Connected" serta ada history browser dan nama OS pada laptop yang akan terhubung di menu Linked Device aplikasi Whatsapp. Teman-teman bisa menghapus nomor penghubung nanti, dengan klik ikon "Delete". Waktu pengiriman antar message dapat diatur dengan klik "View Detail" lalu pilih "Konfiguration". Jarak pengiriman paling cepat 10 detik dan paling lama 30 detik. 
9. Kembali ke menu Broadcast, campaign yang telah dibuat akan otomatis tersimpan sebagai draft, klik "Edit" untuk melanjutkan pembuatan.
10. Kini teman-teman sudah bisa membuat broadcat dengan Channel Wahtsapp 
11. Masukkan nama audiens penerima dengan klik "Add Recipient"
12. Kemudian setting waktu pengiriman pada menu schedule dengan klik " Add Schedule" yang kemudian akan mengisi tanggal kirim dan waktu pengiriman
13. Stelah "Send To" terisi , pesan broadcast dapat dibuat dengan klik "Add". Isi pesan ditulis pada notification message. Klik "Save" untuk menyimpan broadcast
14. Setelah siap kirim, klik "Publish"

Fasilitas Tribelio Whatsapp Broadast ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk dari pelaku usaha, Dengan penyebaran Whatsapp Broadcast, ini merupakan sebuah teknik marketing yang hemat biaya karena dapat menyebarkan informasi pada banyak kostumer dalam satu waktu. Dalam pembuatannya juga tidak dikenakan biaya dan langkah-langkah tersebut dapat diikuti dengan baik.

Menurutjy Tribelio Whatsapp Broadcast ini adalah layanan yang menarik dari Tribelio Page. Untuk teman-teman yang tidak memiliki bisnis namun membuat kontern sepertiku, tribeliopage.com sangat membantu untuk memaintain prsonal branding. Tribelio Page pribadi ini seperti kartu nama virtual yang bisa membantu mengenalkan diri kita dan potensi kita ke lebih banyak orang. 
 
Tribelio Whatsapp Broadcast


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Salsa Hans Jebb Gel Skin Cleaner

Cerita Liburan ke Jogja

Solusi Rambut Rontok dalam 14 Hari : Review Natur Hair Tonic Extract Gingseng & Aloe vera