Fokuskan Tujuan Hidup dengan Visual Board

Juli 01, 2018


Kalian pernah kah ada di titik dimana lagi banyak mau, ujung-ujungnya malah pusing dan gak ngerjain apa-apa? Aku pernah banget ngerasainnya, malah jadi ngerasa gak punya tujuan, hilang arah. Itu stressfull banget. 

Di masa quarter life crysis ini, sering banget dilanda pertanyaan fundamental seperti :
"Mau jadi apa?" 
"Apa tujuan hidupku ?"
"Step apa yang harus dilakukan untuk mencapainya?"

Kalau udah gini selalu back to basic, kembali lagi ke tujuan manusia diciptakan di dunia. Sesuai kepercayaan yang aku anut, manusia diciptakan untuk beribadah pada Allah dan menjadi khalifah (pemimpin) di Bumi. Tentu kita harus punya definisi yang lebih detail lagi dari kata "pemimpin" ini. Apa harus literally jadi seorang pemimpin di masyarakat RT, RW, Lurah atau Presiden atau gimana?

Pemimpin disini buatku yang paling utama bisa memimpin diri sendiri untuk melakukan hal-hal baik. Masih terlalu umum? Oke kita peruncing ke arah profesi apa yang ingin dijalani. 
Nah... udah dapet mau berprofesi sebagai apa?
Lanjut ke hal-hal apa yang harus kita tempuh untuk mendapatkan atau menjalani profesi itu, yang tentunya disesuakan sama prinsip yang kita yakini dalam hidup.
Kira-kita seperti itulah step-stepnya. Kalau kita udah tau mau punya profesi sebagai apa, kita bakal lebih fokus untuk menjalankan apa-apa saja yang bisa menunjang tujuan kita.

Selain omongan soal tujuan hidup secara jangka panjang, kita pasti punya hal-hal yang ingin diperbaiki entah itu tahun ke tahun, bulan ke bulan atau hal yang ingin dicapai dalam waktu menengah (1-2 tahun ke depan). Aku anaknya random dan seringnya gak terorganisir, gampang banget terdistraksi. Makanya aku cari cara banget gimana bisa fokus sama apa yang aku inginkan, dan fokus melakukan hal yang menunjangnya aja.

Awal tahun 2018 kemarin, akhirnya dapet inspirasi untuk bikin Visual Board. Sebenernya aku udah pernah bikin semacam ini waktu aku SMA sampe kuliah tahun-tahun awal dulu, tapi bentuknya tulisan. Kalian bikin juga gak? Kaya target dalam setahun, 5 tahun dan 10 tahun ke depan. Masih inget banget mau nikah umur 24 (which is tahun depan, hahay aamiin), mau jadi dosen, naik hajiin orang tua, beli rumah, mau bikin panti asuhan, bikin tempat penitipan kucing, terbitin buku sendiri. :") aamiin-kan yuk hihi
Kemudian dicopot entah karena apa deh.

Aku dapet inspirasi bikin Visual Board dari salah satu youtuber favorito namanya Sadia Badiei, akunnya @pickuplimes . Dia banyak ngebahas tentang self development, gaya hidup sehat dan minimalis. Ini videonya :)


Kalian juga bisa cek ignya @pickuplimes plus blognya https://www.pickuplimes.com/ . Disana banyak banget excercise pengembangan diri yang bisa dicoba. Aku pernah coba 1 month being minimmalist. Seruuu :)

Menurutku visual board ini ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya karena otak lebih mudah menangkap input visual jadi sebenernya lebih efektif buat diinget, apa-apa aja yang menjadi fokus kita. Terus karena bentuknya gambar (ada sih quotes juga), bisa banyak arti. Kalau orang ngeliatnya gak terlalu obvious banget apa fokus kita, beda kalau tulisan yang jelas banget terpampang nyata hahahay Kekurangannya itu sebenrnya karena kurang detail jadi kita harus tetep bikin detailnya di catatan pribadi.

Sejauh yang aku rasakan setangah tahun ini, aku jadi fokus untuk ngelakuin apa yang jadi target aku aja. Tipsnya adalah bikin prioritas dulu, jadi yang ditempel ke visual boardnya gak terlalu banyak tapi gambarnya lebih besar dan jelas.

Ini yang aku bikin cuma seukuran kertas F4 alias folio. VB ini aku tempel di lemari baju, yang adalah hal pertama aku liat kalau bangun pagi. Berusaha untuk menanamkan tujuan ini pagi setelah bangun tidur dan malem sebelum tidur. Yak itulah salah satu cara aku supaya lebih fokus. Ada lagi sih namanya Bullet Journal, semacam diary gitu. Bakal aku bahas di postingan lain ya.
Kalau kalian gimana, ada alternatif cara lain kah supaya lebih fokus buat mencapai tujuan ? Share dong...

NB : Setelah bikin VB ini entah kenapa aku jadi sering banget makan jeruk hahaha

Semoga Bermanfaat <3

You Might Also Like

23 komentar

  1. makasih teh artikelnya membantu banget.. kebetulan aku sedang demotivasi dengan hidup hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. demotivasi laahh :"" mangat lagi teh, semoga membantu :)

      Hapus
  2. hihi inget jaman sma suka bikin beginian๐Ÿ˜

    BalasHapus
  3. Penting bgt ni buat aku infonya, thank you teteh

    BalasHapus
  4. Bagus juga ya ini, seengganya tiap hari kita diingetin soal target2 sama tujuan kita ke depannya.. karena hidup yang terstruktur itu kadang menyenangkan

    BalasHapus
  5. Boleh nih patut dicoba... Aku orangnya banya kepengen ini itu, malah jadi kurang fokus

    BalasHapus
  6. Bismillah, mudah-mudahan bisa fokus yaa :)

    BalasHapus
  7. Sayangnya aku ga se telaten ini hahah meuni keren teteh mah

    BalasHapus
  8. Kayaknya bisa ditiru nih. Biar termotivasi terus. Soalnya fokus suka naik turun hahaha.

    BalasHapus
  9. kalau aku tipe orang yang menuliskan tujuan atau progress juga.. tapi blm bisa bikin sekeren teteh visual board gitu. Wah jadi makin semangat yaa kalau liat tujuannya

    BalasHapus
  10. Iyes biar terorganize dengan baik perlu banget dong punya visual board biasa mood langsung balik tapi kalau misalkan lagi galau banget pernah di skip kali-kali. Sekali aja tapi. Hahahaha

    BalasHapus
  11. aku setuju sama visual board. Bikin kita jadi inget terus sama goals yang udah dirancang. jd hal2 yg dilakukan terus bisa on track

    BalasHapus
  12. makasih mbak sharingnya...terinspirasi juga ih mo bikin visual board gini..seneng kalo liat yg berwarna warni gini..jadi lebih semangat gt

    BalasHapus
  13. Kalau aku biasa nulis tujuan hidup itu di buku diary. Tapi sekarang mau bikin di bullet journal kayaknya haha.

    Rahmi, itu banner beautynesia nya ngehalangin gambar postingan. Jadi agak gengges. Coba dikecilin ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  14. Wuah very insightfull teteeh. Tfyi banget yah๐Ÿ˜˜

    BalasHapus
  15. Waktu kuliah aku sering bikin visual board gini sama temen2 buat bikin resolusi tahunan gitu. Semakin dewasa, aku justru semakin ga pengen bikin resolusi. Karna aku gamau menargetkan sesuatu apapun dihidup aku. Yg pengen aku lakukan cuma berusaha sebaik mungkin aja. Karna hasil Allah yg nentuin. Karna semakin banyak bikin target ini itu malah semakin terbebani klo ga kesampaian. Jadi ikhtiar maksimal dulu aja. *maaf yah jd curcol

    BalasHapus
  16. True! Aku juga sering jadiin visual spt ini, taro foto destinasi jd wallpaper, ditaro di meja make up, meja kantor. Spy teringat dan semangat terus bahwa aku someday bsa kesana. It works for me!

    BalasHapus
  17. dulu aku kaya gini nih, sekarang belum sempet lagi gini ginian, cuma bisa bikin mindset kita buat lebih termotivasi itu

    BalasHapus
  18. "Kalian pernah kah ada di titik dimana lagi banyak mau, ujung-ujungnya malah pusing dan gak ngerjain apa-apa? Aku pernah banget ngerasainnya, malah jadi ngerasa gak punya tujuan, hilang arah. Itu stressfull banget."

    Banget, Teh! Dan suka pusing juga. Hehe. Dan sepakat banget dengan tips di atas. Thanks for share, Teteh!

    BalasHapus
  19. Dulu jaman kuliah suka buat kyk gini. Skrg udh gk sempet uy..
    Eh fokus ume skrg slsain tesis tp gk fokus fokus huhh ๐Ÿ˜ญ sedih hahaa

    BalasHapus
  20. Ga ada tujuan itu suka bikin stress, tanpa arah gitu. MAkasih tips nyaa Rahmi,

    BalasHapus
  21. eceu ketjeh syekaleh.. aku juga masih suka bikin yang kaya gini sampe sekarang, hihi

    BalasHapus
  22. Makasih tips nya teh. Membantu sekali untuk menentukan arah tujuan hidup. HAha.

    BalasHapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images