Mulai Menulis di Blog ? Siapa takut !

Oktober 27, 2018




Terlalu dini rasanya buatku merayakan hari blogger nasional. Baru tujuh bulan, terhitung sejak membuat akun blogger. Dalam tulisan terdahulu pernah sedikit cerita tentang perjalanan menulis, mungkin disini akan kuceritakan kembali  lebih rinci awal cerita menulisku.

Punya mimpi jadi seorang penulis dan menerbitkan buku, aku memulai menulis di media online dengan membuka akun Tumblr. Yap, layar biru langit itu yang mengawali perjalanan menulisku, kanvas ide-ideku. Akun itu isinya puisi dan prosa. Semuanya demi mengatasi segala kegelisahan hati dan pikiran dalam hidup. Entah mengapa, setelah menulis hati selalu lebih tenang, mungkin solusi konkretnya belum ditemukan tapi beban itu seperti luluh lantah. Itu yang kusuka dari menulis di Tumblr. Penduduknya yang lain juga rata-rata melakukan hal yang sama, bertanya tentang diri mereka, kemudian menemukan dirinya dan saling menyapa. Banyak pemikiran-pemikiran mendalam yang kutemui dari orang-orang di Tumblr. 

Tahun 2014, aku bertemu nyata dengan teman-teman Tumblr. Teman-teman yang selama ini hanya saling menyapa di dunia maya. Kami berbincang hal-hal yang menarik dan dalam, dan semua orang di sudut meja rasanya jadi satu frekuensi. Bahkan saya bertemu banyak sekali orang baru disana. Banyak pula diantaranya yang sudah menjelma jadi penulis betulan, menerbitkan bukunya sendiri sekarang. Sebut saja Brian Krisna @mbeeer , Bang Iid @iidmhd , Teh Novie @novieocktavia , dan the last si Fikri @miftahulfk teman saya waktu SMA. Juga mengantarkanku bertemu idola di tumblr, yes Masgun @kurniawangunadi di pertemuan Tumblr lainnya.
 
Tahun 2014 adalah tahun ter-rajin aku mengisi akun ini. Katanya kita jadi puitis saat sedang patah hati kan? Yap, pada tahun itu hati sedang patah, sepatah-patahnya. Namun, perjalanan di Tumblr tidak begitu mulus. 2015-2016 sudah sibuk dengan tugas akhir, layar ini sudah jarang diisi. Hanya sesekali ditulis pikiran-pikiran sesaat. Padahal aku rindu menulis.

Setelah lulus, 2016 akhir diri ini bertekad serius mengisi tumblr lagi. Belum lagi proyek menulis 30 hari di Instagram yang kuikuti di awal tahun 2017, membuat semangat menulis kembali tersulut. Pada Februari 2018 ada kabar buruk. Tumblr diblokir oleh Kemenkominfo di Indonesia. Para petinggi tumblr di Indonesia mencoba membujuk pemerintah supaya kami para penduduk tumblr bisa kembali berkelana dengan liar disana. Memang konten pornografi di tumblr tidak sulit ditemui, tapi konten-kontek baik lainnya lebih banyak yang dapat ditemui. Sulit aku temui platform dimana kita bisa saling berbagi pikiran sedalam dan sebebas disana. Namun, disisi lain ya itulah yang terjadi. Tidak ingin berhenti di jalan aku mencoba menemukan platform baru yang lebih luas.

Sebelum tumbr diblokir aku menulis di intagram. Namun, sadar tulisanku kurang begitu tereksplor disana mungkin karena pikir basic instagram sesungguhnya adalah foto, bukan tulisan. Pindah ke medium, entah kenapa merasa belum terlalu cocok. Akhirnya April 2018, kumenemukan komunitas ini, Bandung Hijab Blogger dan sangat bersyukur. Disinilah awal mula perjalananku menjadi seorang blogger. Tidak hanya mengisi akun blogspot saja, banyak manfaat lain yang didapat. Mulai dari bisa ambil andil dalam acara-acara yang menarik dengan segala keuntungannya, sampai kenal dengan orang-orang baru. Orang-orang yang punya pengalaman dan ilmu yang juga senang untuk berbagi. 

Sebelumnya, tak pernah terpikir buatku membuka akun blogspot. Di zaman dimana instagram dan youtube begitu mendominasi, ternyata wadah ini masih tetap awet dan punya peranan yang penting. Dari segi dokumentasi, website ini menjadi jurnal pribadi yang menggambarkan perjalananku berdasarkan waktu. Disni juga dapat terlihat sejauh mana perkembangan menulisku bulan ke bulan, mudah untuk dikontrol. Banyak juga konten yang bisa dieksplor, dikelompokkan dan ini memudahkan dalam menikmatinya.

Di sisi lain, banyak sekali industri yang mempercayakan blogger sebagai parter kerjasama terutama dalam bidang marketing. Aku baru sadar, saat akan membeli suatu produk terbiasa melihat reviewnya dahulu untuk akhirnya memilih produk apa yang akan dibeli. Siapa yang berjasa akan hal ini? Tentulah para blogger. Menulis di blog itu seperti investasi kebaikan, yang akan terus diakses orang dan membantu mereka dalam mempertimbangkan sesuatu. Secara tidak langsung para blogger sudah membantu banyak orang. Selain itu, dengan terbiasa menulis aku juga bisa punya kesempatan dan melatih diri menulis di portal online lain, menjadi content writer.

Aku merasa perjalanan menulisku di blog akan menjadi perjalanan yang panjang dan akan terus berkembang. Aku sangat menikmati aktivitas menulis ini, apalagi dibantu dengan dukungan dari teman-teman dari komunitas blogger, yang sama-sama berkarya di platform ini dari berbagai kalangan. Ceritaku baru setitik, masih banyak cerita panjang kelak akan diceritakan tentang dunia menulis di masa depan.
Sekali lagi, selamat merayakan hari ini, Blogger. Terima kasih membuatku selalu menulis. Terus berkarya, terus bermanfaat.

Tulisan ini adalah kolaborasi dalam memperingati Hari Blogger Nasional 2018, bersama komunitasku Bandung Hijab Blogger. Teman-teman boleh cek cerita temanku, Nisa tentang perjalanan menulisnya.
Dari tulisan ini, teman-teman juga bisa ikut menebar kebaikan dengan menyisihkan sebagaian rezeki untuk teman-teman kita di Pali, Donggala dan Sigi. Semoga berkah.



You Might Also Like

48 komentar

  1. Bener. Kupikir jg blog bakal meredup. Tapi ternyata kayaknya orang yang cimmnta menulis dan membaca bakal semakin banyak dr waktu ke waktu.

    BalasHapus
  2. baru tau ternyata tumblr hilang karena udah gak boleh sama pemerintah ya... anyway, baru atau engga di blog. Aku tetep suka tulisanmuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaah sediih :"
      maachi alee, alhamdulillah :)

      Hapus
  3. dulu juga aku sempet pakai blogspot sebelum akhirnya pindah ke wordpress, dan ternyata sampai sekarang blogspot masih super laku yaa..
    btw, aku suka banget tulisannya. sukses terus teeh :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa teeh, masih se-laku itu hhe
      makasih teteh, aamiiin :) dirimu juga ya teh..

      Hapus
  4. Bagus banget teh tulisannya... Suka sekali

    BalasHapus
  5. Sejarah bgt ya tumbler semangat terus rahmi and happy blogger day

    BalasHapus
    Balasan
    1. bangeet teeh, terlalu banyak perasaan tertinggal disana ckck happy blogger day teh raisa :)

      Hapus
  6. semoga kita bisa sama2 utk terus konsisten ng blog ya😍🤗

    BalasHapus
  7. apa benar manusia-manusia tumblr selalu berisi manusia-manusia patah hati? aku salfok sama tulisan itu hahah tapi apapun platform nya yuk kita terus menulis buat manfaat banyak orang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakan kecewa dan patah hati, banyak juga yang jatuh cinta, pokonya penuh perasaan weh disaa mah nis hehe :)
      yuuks

      Hapus
  8. Aku juga pernah ngayal jadi penulis buku, mali sendiri juga ngeblog baru kemarin kemarin :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ngayal kok itu teh, kita bebas bermimpi dan mewujudnkannya hehe mangaat terus teh, smeoga segala keinginannya tercapai :)

      Hapus
  9. aku juga termasuk orang yang sempet terjun di tumblr dan emang se asik itu loh

    BalasHapus
  10. Huhuu, dulu jg smpet di tumblr, dan smpt dpt peringatan akunnya bakal di nonaktifin, karena di blokir itu yaa ternyata.. 😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa teeh, sedih yaah :" aku juga blm mindaih semua tulisannya

      Hapus
  11. Aku antara senang-sedih tumblr di block.. sedih tulisannya hilang, tapi seneng foto-foto mantanku disitu nggak perlu capek aku hapusin 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. waa, cukup frontal uga ya teh majang foto mantan disana hihihi
      tapi sedih sih tulisannya ilang, aku blm pindahin semua huhu

      Hapus
  12. Aku sering denget tumblr, baru mau penasaran eh tau-tau udah diblock. Telatan emang. Semangat terus yah ngeblognya

    BalasHapus
  13. Sedih banget ya teh tumblr di blok. Banyak tulisan penuh curhat aku di sana, serta cerita pendekku. Huhu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantaap teeh, aku gabisa bikin cerpen. jadinya malah pendek banget ckck

      Hapus
  14. Yukk aahh kita semangattt ngeblog *padahalngomongsamadirisendiri haha..

    BalasHapus
  15. selalu semangat menulis dan berkarya ya teh

    BalasHapus
  16. Waaaw, ternyata pernah nge-tumblr juga. Dulu sempet sedih kenapa harus ditutup tapi yaudalah gpp. Tetep semangat ya teh ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaah teeh, anak tumblr hihi
      makasih teh, tteh ugaa :)

      Hapus
  17. Kalo aku untungnya gak pernah punya akun tumblr, dulu pas rame-rame temenku posting di tumblr, aku langsung ngeblog sejak tahun 2009. Jadi ketika tumblr ditutup, gak ngefek sama hidup aku. Hahahah... Selamat hari blogger nasional yess.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantaapp, istiqamah ngeblog ya teh :)
      tumbllr mah udah kotak harta karun aku banget ckck

      Hapus
  18. Aku sempet juga punya Tumblr tapi isinya teu paruguh, haha. Semangat nge-blog teh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe aku juga ga puguh puguh bangetsi teh :) makasiiih eth

      Hapus
  19. aku belom pernah punya tumbrl jd ga paham hihi

    BalasHapus
  20. Walaupun baru 7 bulan tapi udah keren gini. Semangat terus ngeblognya dan selamat hari blogger nasional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aww. makasih teh sitiii... aamiin :) smangaat

      Hapus
  21. Bener teh, aku pikir skrg org2 bakal lebih media visual kaya utube. Tapi ternyata blog masih keren aja yah hihi semangat trs ya kita, aku jg baru banget di dunia blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh begitulah kenyataannya :) sama teeh, mari kita belajar :)

      Hapus
  22. Baru 7 bulan udah keren gini, salut banget sama teteh. Makasih teh sharingnya,

    BalasHapus
  23. Semangat terus tth semoga cita citanya tercapai yah... ntr udh terkenal paling dluan ume minta tanda tangan.. haha

    BalasHapus
  24. wiihhh semangatt teh, akupun baru 3 bulan hihi

    BalasHapus
  25. Teh Rahmiiii sobat tumblr, tos! Kok kota ga ketemu di tulisan 30hari becerita sih wkkw

    BalasHapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images