DIY Masker Alami untuk Kulit Kering

Agustus 27, 2018


Assalamualaikum Cantik :)

Selamat datang kembali di kolaborasiku dengan teman teman Bandung Hijab Blogger. Kali ini kami akan bahas tentang DIY face mask. Terbuat dari bahan-bahan alami tetunya, huuuuu…

Masker buatku identik dengan relaksasi. Maskeran itu cocok banget untuk bikin suasana yang damai, tenang, adem. Bikin hati dan pikiran fresh supaya kembali segar beraktivitas. Aku kebetulan pecinta masker, tapi seringnya bikin masker sendiri dari bahan-bahan yang ada di dapur. Menjunjung tinggi mau cantik gak perlu mahal mhehe

Waktu SMP aku hampir tiap hari maskeran pake saripohatji yang super jadoel dan awet itu. Saat itu aku belum bener-bener kenal sama tipe kulit wajah aku yang notabene normal to dry, tapi lebih sering dry-nya huhu. Setelah pakai masker itu, wajahku memang cerah seketika tapi plus makin kering. Akhirnya aku berhenti pake saripohatji.
sumber : Tokopedia
Seiring berjalannya waktu aku jadi males nyobain masker, tapi kulitku jadi kusam dan gak kerawat. Bereksperimenlah aku dengan segala bahan yang ada. Mulai dari putih telur, tomat, susu, madu, minyak zaitun, kentang, timun, kopi, gula pernah hadir semua di wajah aku dari mulai SMA sampai kuliah. Eits.. walaupun alami, ternyata gak semua bahan ini cocok loh di wajahku yang kering ini. Naah..kali ini aku akan sharing 3 masker alami yang paling ampuh di kulit kering versi aku :

1. Parutan Timun
Masker terpraktis sedunia adalah parutan timun. Biasanya aku cukup parut 1/3 bagian timun menggunakan parutan keju, lalu foila jadilah masker timun. Pakenya gak tanggung-tanggung. Biasanya aku pakai sebelum tidur sampai keesokan harinya. Sayur kaya vitamin C ini, memberi efek wajah mencerahkan. Paginya wajah aku langsung glowing-glowing cantik. Kalau lagi rajin, aku pakai hampir tiap malam.

2. Kentang feat. Timun
Ini masker terfavorit aku sepanjang masa. Bikinnya perlu sedikit usaha mem-blender mereka. Biasanya aku pakai ¼ bagian kentang yang udah dikupas kulitnya, plus 1/3 bagian timun, tanpa air ya karena mereka berdua sudah punya kandungan air tinggi. Tinggal aplikasikan deh ke wajah. Lagi-lagi aku kalau maskeran suka lama, ini biasanya dipake sekitar 1 jam. Lalu foila kulit wajah jadi cerah, segar dan bersinaaar. Kentang juga diketahui punya kandungan antioksidan yang tinggi. Masker ini cocok dipakai 2 hari sekali.

3. Minyak Zaitun
Masker terakhir yaitu minyak zaitun. Kalau muka aku lagi kering parah biasanya minyak zaitun ini jadi penyelamat aku. Cukup dibalurkan tipis-tipis di seluruh wajah selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Aku pakai merek Borges. Minyak zaitun ini ampuh banget untuk melembabkan kulit aku, walaupun gak bikin cerah. Jadi masker ini aku pakai hanya sekitar seminggu sekali.

Dari sekian banyak bahan yang aku coba, tiga masker ini lah yang paling cocok di aku. Kulit kering itu cenderung gak kuat sama bahan dengan asam tinggi kayak tomat, jeruk, atau kopi. Wajahku biasanya langsung merah-merah. Kalau putih telur, bikin wajah malah tambah kering. Mungkin akan lebih cocok untuk teman-teman yang punya tipe kulit berminyak. Gula sesekali aku pakai untuk exfoliate walaupun kurang aman karena bulirmya terlalu besar, jadi lebih baik pakai facial scrub saja. Susu di wajah aku jadi terlalu lembab dan berminyak, jadinya jarang dipakai. Intinya mah, I LOVE TIMUN.

Kalau masker favorit kalian apa? Share di comment yaaa...

You Might Also Like

6 komentar

  1. ahhh i love timun too..apalagi dipake buat ngompres mata yg lagi lelah. Btw kalo minyak zaitun ga bikin jadi super berminyak kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaah bangeet teehh :" sedikit aja sih teh, abis itu cuci muka :)

      Hapus
  2. Timun biasanya aku pake buat sheet mask juga di campur sama greentea hehehe

    BalasHapus
  3. Duh itu saripohatji jadul banget haha masih ada yg jual nggak yah? :)) ampuh bisa ngempesin jerawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. warung deket rumahku mah masih ada teh, di online jg ada hehe emberitaaa :)

      Hapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images